FAQ

by

Apa itu PKF ?

PKF adalah singkatan Provinsi Kepulauan Flores, yang merupakan hasil Kongres I tahun 2014 di Bajawa, kabupaten Ngada, dilanjutkan dengan Kongres II tahun 2015 di Mbay, kabupaten Nagekeo. Yang cakupan wilayah meliputi 9 kabupaten, antara lain: Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Kapan isu PKF digaungkan ?

Isu PKF digulir sejak Mei 1956 sebelum pembentukan NTT tanggal 20 Desember 1958. Tahun 2000 s/d 2003, kegiatan Forum Pelancar Pembentukan Provinsi Flores (FP3F), ikut terlibat bapak Piet A Tallo sepakat membentuk provinsi Flores. Diikuti dengan mubes di Ruteng tahun 2003. Dilanjutkan Kongres I di Bajawa tanggal 25 Februari 2014. Dilanjutkan dengan Kongres II di Mbay pada tanggal 20 Maret 2015. Pada kongres II memutuskan untuk dilakukan kongres III di Ende bulan Mei 2015, namun karena berbagai kendala rencana akan diadakan Kongres III di Ende Tahun 2021.
Adapun penggalan waktu pergerakan PKF sebagai berikut: Sikka 1956, Ende 1957, Maumere 1990, Lembata 1997, Bali 2000, Jakarta 2001, Ende

Apa tujuan pembentukan PKF ?

* Akselerasi pembangunan
* Percepatan pengelolaan potensi daerah
* Percepatan pertumbuhan demokrasi
* Percepatan pertumbuhan ekonomi daerah
* Percepatan  pelayanan kepada masyarakat
* Peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat
* Peningkatan hubungan yang serasi antara daerah dan pusat

Apa itu P4KF

P4KF adalah Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Flores, yang dibentuk sejak kongres I Bajawa hingga Kongres II di Mbay. Yang terdiri dari unsur masyarakat, ormas, dan Bupati serta DPRD dari 9 Kabupeten.

Apa itu KOPIFLOR ?

KOPIFLOR adalah  Komunitas Aspirasi Pembentukan Provinsi Kepulauan Flores. Komunitas ini, bertujuan mensosialisasi aspirasi pemekaran PKF hingga ke masyarakat akar rumput. Mendorong percepatan prosedur pemekaran PKF. Melakukan karya kampanye kreatif berbasis teknologi informasi, media masa dan media sosial. KOPIFLOR dalam rangka mensukseskan PKF, melakukan kolaborasi dengan P4KF atau ormas lainnya yang memiliki cita-cita yang sama dalam menyuarakan pembentukan PKF.

Apa Tujuan Kopiflor ?

1. Menjadi komunitas aspirasi yg ikut menyuarakan PKF, mendukuang P4KF, mendukung kongres Ende (starting point)
2. Menjadi wadah pertukaran informasi, akses informasi bisnis, ekonomi digital
3. Media untuk menjalin mitra investasi untuk pengembangan ekonomi
4. Ikut mengawasi kebijakan publik
5. Mendorong pembangunan pendidikan
6.Menjalin kerja sama dengan Lembaga pemerintah RI atau Pemerintah Negara Sahabat RI untuk mengembangkan SDM Kepulauan Flores secara holistik dan terpadu.
7. Menjalankan kerja-kerja profesional dengan lembaga keuangan digital, perbankan nasional, dan koperasi untuk mengembangkan UMKM, Bank Flores, Badan Usaha Milik Komunitas (BUMK) di Kepulauan Flores.

Apakah KOPIFLOR legal ?

Saat ini KOPIFLOR hanya bersifat komunitas, belum menjadi forum/ormas berbadan hukum, karena komunitas ini bermuatan aspirasi dan bersifat ad hoc (sementara). Namun seiringnya waktu akan dibentuk menjadi sebuah forum/ormas yang legal dalam rangka menjamin kebebasan berserikat dan berkumpul sebagai mana dijamin Undang-Undang. Mendorong terciptanya kebijakan publik, serta ikut membangun SDM, pembangunan Ekonomi, pembangunan Budaya yang berwawasan lingkungan.

Siapa saja yang boleh bergabung di KOPIFLOR ?

Adalah semua masyarakat yang berasal dari daratan Flores hingga Lembata, baik ada diluar daerah, hingga yang berada diluar negeri. Saat ini sudah tergabung mayoritas masyarakat, beberapa para akademisi, praktisi hukum, pejabat, ASN, tokoh agama, tokoh ormas, dan tokoh perempuan.

Bagaimana bergabung di KOPIFLOR ?


Adalah dengan mengisi daftar buku pejuang elektronik pada link: bit.ly/kopiflor_pejuang  , dan mengisi survey opini pada link: bit.ly/kopiflor_survey  
Gabung ke group telegram bit.ly/kopiflor_telegram
Gabung ke group facebook bit.ly/kopiflor_fb
Gabung ke Instagram bit.ly/kopiflor_ig
Dapatkan bantuan jika kesulitan dengan klik: bit.ly/kopiflor_help

Bagaimana cara supaya ikut berjuang pembentukan PKF ?

Secara sukarela, mengabarkan, memberitakan, menginformasikan isu apa saja tentang pembentukan Provinsi Kepulauan Flores kepada masyarakat di sekitar kita. Bisa melalui komunikasi langsung, bisa melalui Facebook, Telegram, WhatsApp, Instagram, Zoom Meeting.
Secara sukarela membentuk komunitas-komunitas aspirasi pembentukan PKF di kampus, di kabupaten, kecamatan, desa, dusun, hingga RT/RW. Melakukan kegiatan diskusi, talk show, webinar, zoom meeting dengan sasaran orang-orang yang belum mengenal isu pembentukan PKF.

Adakah layanan kontak informasi KOPIFLOR ?

Anda dapat menghubungi kontak Telp/ WhatsApp dibawah ini:
Kor. IT & Sekretariat KOPIFLOR, Martin Theodore, S.Kom: 0853 8577 8335
Kor. KomInfo KOPIFLOR, Maximus Badur: 0895 3490 80991
Kor. Medsos KOPIFLOR, Gilbert Celianus Bio: 0852 4165 2240