oleh

Di Bawah Guyuran Hujan, Mensos Sisir Korban Gempa Cianjur di Area yang Sulit Dijangkau

KOPIFLOR.ID,CIANJUR  – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali mendatangi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang hampir lumpuh akibat bencana gempa bumi pada Senin (21/11/2022). Di bawah rintik hujan, Risma menyisir penyintas gempa di titik-titik pengungsian yang jauh dari jangkauan.

Salah satunya adalah pengungsian di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Nagrek. Di sini, ada empat titik pengungsian yang dia sambangi. Kedatangan Risma ke wilayah itu adalah untuk menyerahkan sejumlah bantuan tambahan berupa makanan siap santap, tenda keluarga, tenda serbaguna, dan kasur.

Ia juga memberi penguatan morel bagi korban terdampak bencana di sana. Dengan mengenakan jas hujan dan bot, Mensos menyusuri persawahan yang licin dan berlumpur. Meski begitu, ia tak ragu untuk menjajaki kemiringan tanah persawahan yang curam.

Ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan para korban di beberapa pengungsian tetap terpenuhi. Sebelumnya, ia sudah menginstruksikan petugas lapangan dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendirikan posko tanggap darurat di titik-titik bencana di Cianjur.

Hal ini guna memudahkan penyisiran korban di daerah pelosok di masing-masing Kawasan sehingga mereka terbantu dan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersalurkan.

“(Saya instruksikan untuk) sisir semua wilayah yang masih berada dalam kawasan tersebut. Pastikan warga terbantu. Pastikan bantuan mereka terima,” kata Risma dalam siaran pers  Minggu (27/11/2022).

Sebagai informasi, sebanyak 280 kepala keluarga (KK) telah mengungsi di tenda-tenda terpal di Kampung Panyaweuyan. Untuk memudahkan pendistribusian makanan, Mensos meminta bantuan makanan siap santap untuk korban gempa disimpan di area sekitar gerbang kampung.

“Nanti perwakilan dari masing-masing pengungsi datang ke sana untuk mengambil bantuan guna memudahkan dan mempercepat pendistribusian bantuan,” jelas Risma.

Ketika sampai di lokasi pengungsian Kampung Panyaweuyan, Risma disambut hangat oleh para pengungsi. Mereka pun berterima kasih atas bantuan 10 tenda biru, 5 tenda kecil, dan 60 kasur lipat yang diberikan.

Sementara itu, Kepala Sentra Inten Soeweno M Oni Royani menuturkan bahwa selain bantuan tersebut, khusus di Kampung Panyaweuyan, Kemensos sebelumnya telah memasang 8 tenda keluarga. Kemensos, lanjutnya, juga telah menyerahkan bantuan berupa 67 set peralatan dapur,67 set food ware, 90 buah kasur, dan 30 dus besar pembalut.

“Malam ini secara bertahap akan kami tambahkan 4 unit tenda serbaguna. Saya pastikan malam ini juga sudah terpasang di titik-titik pengungsian. Begitu pula dengan bantuan sembago akan kami pastikan diantar ke dapur umum mandiri Desa Kampung Panyaweuyan besok pagi,” kata Royani.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed