oleh

MERAWAT LADANG KEHIDUPAN

KARYA : MARIA GS RATNA-Owner : Brand Rebok Siki Seko Jagung-Daun Kelor serta UMKM Olahan hasil Ladang seperti Jagung,cabai,pisang Dll. – Direktris Yayasana Solidaritas Perjuangan Perempuan Advokasi Korban kekerasan ( SOPPAN) kabupaten Manggarai timur.

Semoga Bisa Menjadi Bunga Indah

“Semua bunga ikut bernyanyi, gembira hatiku
Segala rumput pun riang ria
Tuhan sumber gembiraku…
Semua lorong di bumi, haruslah kau jalani, desiran angin nan mesra, menuntunmu ke sorga..”

Saya teringat dan hafal teks lagu itu sejak di SLTP, karena sering dinyanyikan dalam kegiatan rohani di gereja. Seiring bertambah umur dan pengalaman, saya makin menyadari dan memahami, makna teks lagu pujian itu. Keindahan aneka bunga, dengan kembang warna-warni dan aneka jenis, entah hasil tanaman manusia, atau yang tumbuh di alam, ada keajaiban Kasih Sang Pencipta. Lalu, timbul tanda tanya bahkan malu. Kalau semua bunga-bunga ikut bernyanyi, lalu memuji keagungan Sang Pencipta, apakah saya sebagai manusia tidak bisa memuji Sang Pencipta?

Dari pengalaman, saya kenal dan pahami bahwa ada bunga alam, dan ada bunga hasil tanaman manusia. Jenisnya macam ragam dengan indah pesonanya yang khas. Dalam pengalaman memelihara bunya kesukaan, mawar aneka jenis – anggrek dan sedap malam, saya belajar berterimakasih dan bersyukur. Sungguh indah dan mengagumkan keajaiban Sang Pencipta, melalui aneka bunga. Apalagi keajaiban Kasih Allah dalam seluruh hidup pribad saya. Justru, menanam dan merawat bunga-bunga, saya diajari berterimakasih kepada alam dan sesama, dan bersyukur kepada Sang Pencipta Maha Indah.

Karena saya juga senang bunga, dan biasa menanam dan merawat sejumlah bunga kesukaan, maka saya diajari mengenal karakter dan kekhasan bunga. Mawar, anggrek, sedap malam mempunyai keistimewaan dalam perawatan, juga jenis bunganya dan aromanya. Saya diajari mengenal sesama dalam keluarga, tetangga dan di masyarakat, bahwa masing-masing pribadi memiliki keunikan identitas, sehingga perlu diperlakukan secara berbeda, agar bisa saling melengkapi dan membuat indah kehidupan ini.

Khusus kegembiraan dengan menanam bunga, selain untuk kebutuhan keluarga, biasa saya bawa bunga untuk menghias gereja. Rasanya bangga dan terharu, jika saya bisa membawa bunga hasil karya tangan untuk menjadi hiasan yang menyemarakan altar atau pojok devosi di gereja.
Persembahan sederhana dari karya tangan saya untuk mendukung doa dan devosi sesama umat di gereja, itulah pujian syukur saya kepada Sang Pencipta. Selain itu, ada juga yang pernah membeli bunga tanamanku. Uang memang perlu, tapi rasanya bangga kalau bunga hasil karyaku digunakan keluarga lain atau hotel, karena subur dan berkembang indah. Ada kegembiraan bathin bahwa karya tanganku merawat bunga, bisa dinikmati sesama saudara dan sahabat.

Banyak inspirasi dari aneka bunga, baik yang ditanam sendiri, di tanam orang maupun di alam bebas. Aneka bunga sungguh mempesona rasa dan hati sanubari. Keindahan bunga bicara banyak pesan bagi pribadi saya. Saya belajar banyak dari bunga, saat merawatnya hingga memberikan kembang indah, juga saat menyaksikan karya sesama maupun yang di alam bebas.

Bunga menjadi guru bagi pribadiku….
Mengagumi bunga, ya banyak orang bisa lakukan. Tetapi, menanam, merawat, bahkan belajar dari bunga, hingga menghasilkan kembang indah (mawar, anggrek, sedap malam..), tidak banyak orang yang bisa melakukannya.
Saya mengalami keagungan Sang Pencipta melalui bunga dan kembangnya yang indah mempesona. “Jika ciptaanNya, aneka bunga warna-warni, indah mempesona, bagaimana Sang Penciptanya. Lalu, diri pribadiku lebih dari bunga-bunga, mengapa saya meragukan Kasih dan Perlindungan Sang Pencipta bagi kehidupanku. Bisakah hidupku menjadi berkat bagi sesama dan pujian bagi Sang Maha Pencipta?”

Belajar dan berguru pada aneka bunga indah mempesona, saya berdoa, semoga hidupku bisa jadi indah, seperti indahnya aneka kembang bunga, bagi sesama dan Tuhan.

Ya Allah Sang Maha Indah,
Terpujilah keagungan dan keajaibanMu, dalam diriku, serta pesona aneka bunga yang Engkau ciptakan.
Jadikanlah kehidupan pribadi saya bisa indah pesona bagi sesama, dan pujian bagi kemulianMu. Dengan pertolongan kuasaMu, terjadilah pada diriku, agar indah mempesona. AMIN.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed