oleh

Jokowi Buka Rakernas Projo: Soal Politik Ojo Kesusu meski yang Didukung Mungkin di Sini…

21/05/2022, 16:17 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/5/2022).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/5/2022).

KOPIFLOR.ID,MAGELANG,JATENG – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022). Dalam pidatonya, Jokowi meminta para relawan untuk tidak tergesa-gesa memutuskan bakal calon presiden pada kontestasi politik 2024.

Dia ingin saat ini fokus menyelesaikan berbagai persoalan bangsa terlebih dahulu, terutama masalah ekonomi rakyat. “Yang berkaitan dengan politik, karena kita fokus selesaikan masalah itu, maka ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini (di arena Rakernas),” kata Jokowi disambut riuh tepuk tangan peserta Rakernas V Projo. Jokowi berujar, segala keputusan politik tidak akan diputuskan sendiri olehnya, tetapi dia akan mendengarkan segala masukan dari relawan dari tingkar bawah hingga nasional.

“Tidak akan saya putuskan sendiri, akan tanya bapak ibu semua, tanya ketuanya dulu. Kroscek relawan ke bawah. Seluruh organ relawan yang kita miliki, saya akan tunjukkan di tingkat nasional kalau kita solid dan semangat. Karena yang kita miliki ini kapal besar, bukan kecil,” papar Jokowi. Menurut dia, sikap tidak tergesa-gesa perlu dilakukan mengingat dinamika politik saat ini juga tidak jelas. Dia tidak ingin segala keputusannya menjadi keliru. “Sehingga, jangan sampai keliru, jangan sampai salah, setuju kita sabar?

Tidak tergesa-gesa dulu. Kalau sudah jawab begitu saya jadi enak, kalau didesak-desak, nanti saya ketrucut (kebablasan),” lanjut Jokowi. Sebelumnya, Jokowi mengatakan, Indonesia saat ini tengah menghadapi persoalan ekonomi yang tidak mudah sebagai dampak persoalan global. Padahal, negara ini juga belum pulih akibat terpukul pandemi Covid-19. “Pandemi hampir selesai, muncul perang Ukraina. Kelihatannya jauh dari kita tapi dampaknya semua negara mengalami.

Sehingga harus saya sampaikan, semua negara, tidak mudah menjalani persoalan besar ini,” ungkap Jokowi. “Jangan anggap itu hal yang biasa, tidak gampang untuk mengelolanya, baik yang berkaitan dengan anggaran negara, pertumbungan ekonomi, kenaikan harga. Dua yang naik, yakni energi (BBM, elpiji, listrik) dan pangan,” ujar Jokowi.  Sebagai informasi, hadir pada Rakernas V Projo, Jokowi didampingi istri Iriana Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, serta dihadiri ratusan kader Projo dari berbagai daerah. 

Tampak hadir pula Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid yang juga relawan dari Sekretaris Nasional Jokowi, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin. Sementara itu, Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, menjelaskan, tema Rakernas V 2022 “Haluan Baru PROJO Menuju 2024” diartikan sebagai ikhtiar meneruskan kemajuan yang dicapai pemerintahan Presiden Jokowi dengan mencari pelanjut yang tepat pada Pilpres 2024.

Haluan baru itu tidak lepas dari arahan Presiden Jokowi yang juga Ketua Dewan Pembina Projo. Calon pelanjut kemudian akan ditentukan melalui mekanisme yang melibatkan masyarakat seluas-luasnya. “Jadi sampai sekarang Projo tidak memiliki preferensi capres.

Preferensi akan ditentukan sesuai kehendak rakyat. Bagaimana mekanismenya, inilah antara lain yang akan dibahas dalam Rakernas V,” kata Budi Arie. Rakernas V Projo 2022 diawali dengan kegiatan Bakti Sosial bersama warga 20 desa di Kecamatan Borobudur pada Jumat (20/5/2022).(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed