oleh

Rusia Sebut Pembicaraan Jokowi-Putin atas Inisiasi Indonesia

29/04/2022, 14:12 WIB

Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat menerima kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo di Sochi pada 18 Mei 2016.
Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat menerima kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo di Sochi pada 18 Mei 2016. (GETTY IMAGES via BBC INDONESIA)

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Situs resmi Kremlin, kantor Presiden Rusia Vladimir Putin, kremlin.ru , mengunggah penjelasan mengenai pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin . Penjelasan itu diunggah pada Kamis (28/4/2022) pukul 18.10 waktu setempat. Dilaporkan dari laman resmi tersebut, percakapan telepon antara kedua kepala negara disebutkan berdasarkan dari inisiatif pihak Indonesia.

Disebutkan pula, Jokowi dan Presiden Putin membahas interaksi Rusia-Indonesia dan berbagai aspek kegiatan G20 mengingat kepresidenan Indonesia pada tahun ini. Kemudian, atas permintaan Jokowi, Presiden Putin menggambarkan operasi Rusia terhadap situasi di Ukraina terkait khusus yang sedang berlangsung. Keduanya setuju untuk berkontak lebih lanjut.

Sementara itu, Presiden Jokowi menjelaskan pembicaraannya dengan Presiden Vladimir Putin melalui unggahan di akun Twitter resminya @jokowi pada Jumat (29/4/2022). “Bertukar pandangan melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin @KremlinRussia_E tentang situasi di Ukraina serta kerja sama G20,” kata Jokowi. “Digarisbawahi bahwa perang harus segera dihentikan & perundingan damai diberi kesempatan. Indonesia siap berkontribusi untuk tujuan ini,” lanjutnya.

Jokowi menjelaskan, kedua pemimpin negara membahas tentang situasi di Ukraina dan presidensi G20. Keduanya juga penting bahwa perang Rusia-Ukraina harus dihentikan serta tidak ada perundingan damai. Jokowi pun, Indonesia siap berkontribusi untuk tujuan di atas. Pembicaraan dengan Presiden Ukraina Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Rabu (27/4/2022).

Informasi itu disampaikan presiden lewat akun Twitter resminya pada Kamis (28/4/2022). “Kemarin saya berbicara dengan Presiden @ZelenskyyUa dari Ukraina. Saya kembali menegaskan dukungan Indonesia atas segala upaya negosiasi perdamaian agar berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan,” ujar Jokowi.

Dalam percakapan melalui sambungan telepon itu, Jokowi menyatakan siap memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara Eropa Timur itu. Selain itu, Jokowi juga menyatakan dukungannya terhadap segala yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan dalam upaya yang sedang dihadapi negara tersebut. Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga mengumumkan perbincangannya dengan Jokowi melalui akun resminya @ZelenskyyUa pada Kamis sore.

“Sudah berbicara dengan Presiden @jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas wilayah, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Masalah ketahanan pangan dibahas. Terima kasih mengundang saya ke KTT @g20org,” demikian tulis Zelenskyy. Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia kepada Ukraina atas integritas dan integritas teritorial.

Presiden Zelenskyy pun mengungkapkan kedua negara juga membahas isu ketahanan pangan. Terakhir, dia mengapresiasi undangan Jokowi agar Ukraina hadir dalam pertemuan G20.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed