oleh

Cerita Bahagia Guru di Karawang, Temukan Motor yang Hilang Saat Terparkir di Halaman Rumah

04/03/2022, 21:28 WIB

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono saat secara simbolis menyerahkan kunci motor warga yang kendaraannya sempat dicuri, Jumat (4/3/2022).
Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono saat secara simbolis menyerahkan kunci motor warga yang kendaraannya sempat dicuri, Jumat (4/3/2022).

KOPIFLOR.ID,KARAWANG – Anwaruddin, 59, mengaku bahagia motornya yang hilang telah kembali. Warga Dusun Karajan, RT 002/RW 001, Desa Kalijati, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang itu kehilangan motor sekitar satu bulan lalu. Saat itu, istrinya pulang mengajar di SDN Kalijati dan memarkir motor di halaman rumah.

Anwar menyebutkan, motornya tidak dimasukkan ke dalam rumah lantaran istrinya akan berangkat kembali ke sekolah. Namun saat hendak berangkat kembali, motornya sudah raib. “Ditinggal masuk sekitar sepuluh menit.

Sekitar jam setengah dua siang,” kata Anwar di Mapolres Karawang. Namun suatu siang, ia mendapat kabar dari kepala desa kalau motornya ditemukan.

Anwar diminta mengambil kendaraannya di Mapolres Karawang. Saat dilihat di polres, ternyata benar adalah motornya yang telah lama hilang. “Alhamdulillah, enggak disangka ketemu lagi,” ucap Anwar yang juga guru itu.

Adapun Polres Karawang membekuk 19 pelaku pencurian kendaraan bermotor pada Operasi Kejahatan Kendaraan (Jaran) Lodaya selama 10 hari.

“Dari 19 pelaku terdapat 4 orang sebagai penadah. Di samping itu sebagian besar mereka ini warga Karawang, ada juga pelaku dari Bekasi dan Subang,” kata Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono saat menggelar press release di Mapolres Karawang, Jumat (4/3/2022).

Aldi menyebut dua residivis, yaitu AZ dan RW, terpaksa ditembak polisi lantaran hendak kabur saat ditangkap. “Ini kita lakukan tindakan tegas terukur, karena pada saat kita tangkap mereka mencoba melarikan diri,” kata Aldi. Para tersangka, kata Aldi, bukan sindikat besar.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menunjukkan barang bukti kasus pencurian kendaraan motor di Mapolres Karawang, Jumat (4/3/2022).
Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menunjukkan barang bukti kasus pencurian kendaraan motor di Mapolres Karawang, Jumat (4/3/2022)

Mereka bergerak dalam kelompok-kelompok kecil. Sasarannya di permukiman, kontrakan, dan kosan. “Kalau untuk roda empat mereka gunakan kunci palsu,” ujar dia. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun hukuman bui. Sedang penadahnya dijerat Pasal 480 KUHP tentang Tindak Pidana Penadahan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni kendaraan roda dua sebanyak 40 unit, kendaraan roda empat sebanyak lima unit, sejumlah telepon selular, dan senjata tajam.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed