oleh

Pilkada Purwakarta, Anak Mantan Ketua DPR RI dan Iis Turniasih Akan jadi Pesaing Anne Ratna Mustika

Senin, 28 Februari 2022 13:19

Pilkada Purwakarta, Anak eks Ketua DPR RI dan Iis Turniasih Akan jadi Pesaing Anne Ratna Mustika
Para calon bupati dan wakil bupati saat mendapatkan nomor urut untuk Pilkada Purwakarta 2018 di Gedong Sigrong, Jalan Siliwangi, Nagri Kidul, Purwakarta, Selasa (13/2/2018)

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA – Puteri Komarudin anak Ade Komarudin eks Ketua DPR RI disebut-sebut jadi salah satu calon kuat yang bisa menandingi petahana Anne Ratna Mustika di Pilkada Purwakarta.

Seperti diketahui, Pilkada serentak rencananya bakal digelar pada 27 November 2024. Sedangjan masa jabatan bupati dan wakil bupati Purwakarta berakhir pada September 2023.

Dengan kondisi itu, bakal terjadi kekosongan jabatan dan diisi oleh penjabat bupati atau pelaksana tugas selama 16 bulan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Posko Perjuangan Rakyat Purwakarta, Sutisna Sonjaya menyebut panjangnya kekosongan jabatan bupati dan wakilnya secara politik akan merugikan petahana.

Sebab, selama kekosongan itu, petahana tak bisa memainkan politik anggaran untuk kepentingan pencalonannya di pilkada.

“Jadi, secara logistik petahana itu dalam posisi lemah. Mereka mungkin tak bisa memanfaatkan sumber daya birokrasi dan fasilitas negara lainnya karena ada pelaksana tugas kepala daerah,” katanya, Senin (28/2/2022) saat dihubungi.

Ketika disinggung apakah ada kompetitor yang kuat untuk bertarung melawan petahana di pilkada Purwakarta pada 2024, dia melihatnya belum ada gerakan ke arah sana. Menurutnya, mesti ada figur alternatif untuk bertarung melawan petahana.

“Sejauh ini belum terlihat. Mungkin nanti 2023 akan mulai bermunculan. Saya tak menampik ada tokoh atau politisi perempuan di Purwakarta yang berpotensi bisa maju di pilkada Purwakarta 2024,” katanya 

Dari legislatif, Sutisna menyebut ada nama Iis Turniasih, Putri Komarudin, Neng Supartini, dan Nina Heltina, hingga Dian Karsoma.

Adapun nama Iis Turniasih, kata Sutisna, dia merupakan anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan yang memiliki kekuatan di akar rumput yang signifikan sehingga dia dapat terpilih kembali pada Pileg 2019, meskipun saat itu PDIP sedang diguncang isu negatif.

Sedangkan Putri Komarudin, perempuan berusia 29 tahun itu, selain putri dari Ade Komarudin eks Ketua DPR RI, saat ini menjabat Anggota DPR RI dari Komisi IX DPR RI. Dia terpilih sebagai anggota DPR RI dari dapil Jabar VII bersama Dedi Mulyadi.

“Saya melihatnya dia cukup mengakar. Tinggal dipoles-poles sedikit di jaringan ke atasnya,” katanya.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed