oleh

Tanaman Cabai Ternyata Bisa Berbuah Lebat Hanya dengan Garam Inggris, Gimana Caranya?

20 Februari 2022 23:10 WIB

Ilustrasi tanaman cabai.

Ilustrasi tanaman cabai. ( Dok. Pixabay/HansLinde)

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Cara membuat tanaman cabai subur ternyata dapat dilakukan hanya dengan menggunakan garam epsom atau dikenal pula dengan garam Inggris.

Melansir dari SFGate, garam Inggris sebenarnya bukan garam melainkan magnesium sulfat, senyawa mineral yang mengandung 10 persen magnesium dan 13 persen belerang.

Tanaman cabai membutuhkan asupan magnesium yang tinggi untuk dapat tumbuh subur dan garam Inggris dapat memenuhi hal tersebut.

Selain cabai, tanaman tomat juga membutuhkan hal yang sama.

Tanaman cabai dan tomat yang mendapat terlalu sedikit magnesium akan memiliki daun keriting, menguningnya daun di antara urat, pertumbuhan terhambat, atau rasa manis yang berkurang pada buah.

Garam Inggris mudah digunakan dan kerap menjadi pilihan karena memiliki keuntungan sangat mudah larut, dan tidak akan menumpuk di dalam tanah.

Lantas, bagaimana cara menggunakan garam Inggris untuk tanaman cabai dan tomat? Melansir dari Balcony Garden Web, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara menyuburkan tanaman cabai dengan garam Inggris

Terdapat beberapa cara menggunakan garam Inggris untuk tanaman cabai dan juga tomat yang bisa Anda lakukan di rumah, yakni:

1. Sebelum transplantasi dan penanaman

Sebelum memindahkan tanaman cabai atau tomat ke wadah yang diinginkan, tambahkan satu atau dua sendok makan garam Inggris di setiap tempat lalu tambahkan lapisan tanah di atasnya untuk menghindari kontak langsung antara garam dengan akar.

Anda juga dapat melakukan hal yang sama saat menanam benih guna meningkatkan perkecambahan awal yang sehat.

2. Semprotan daun

Campurkan dan kocok rata 4,5 liter air dengan dua sendok makan garam Inggris dalam sebuah botol semprot. Semprotkan cairan langsung ke daun. Lakukan cara semprotan daun ini sebulan sekali.

3. Pengairan

Larutkan 1 sendok makan garam Inggris dalam 4,5 liter air. Siram tanaman cabai dan tomat kesayangan Anda dengan larutan ini.  Anda dapat melakukan penyiraman ini dalam interval setiap 3 hingga 4 minggu sekali.

4. Sidedressing

Taburkan satu sendok makan garam Inggris per satu kaki tinggi tanaman di sekitar pangkal tanaman setiap 4-5 minggu.

Anda juga dapat mulai membalut tanaman cabai dan tomat kesayangan Anda dengan garam Inggris begitu daunnya mulai muncul.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed