oleh

KPK dan Inspektorat Awasi Korupsi di Sikka

10 Peb 2022 14:54

Rapat virtual KPK bersama Pemda Sikka dan Sejumlah Pemda di NTT,Kamis (10/2/2022) Foto : Prokompim Sikka

KOPIFLOR.ID,SIKKA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia hari Kamis, (10/2/2022) melakukan rapat virtual bersama Pemda Sikka dan sejumlah pemda di NTT. Temanya adalah Evaluasi Implementasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi. Dari Pemda Sikka, hadir Sekda Sikka Alfin Parera didampingi Inspektur Kab. Sikka Germanus Goleng Mangun Bao Mekot bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait mengikuti rakor daring tersebut dari Ruang Rapat Sekda, Lt. 1 Sayap Utara Gedung Kantor Bupati Sikka, Jl. El Tari No. 1 Maumere.

Sesuai UU terbaru tentang KPK, tugas KPK kini pun adalah mencegah korupsi, melalui koordinasi dengan instansi / aparatur pengawas di daerah utk mengefektifkan tugas pencegahan lebih daripada tugas penegakkan hukum tipikor.

Salah satu tahap pencegahan korupsi pada pemerintah daerah adalah mengidentifikasi titik rawan korupsi. Titik rawan tersebut biasa ada pada : Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Urusan Perizinan,APIP,Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa.

Diharapkan, ke depan lubang-lubang peluang korupsi tertutup rapat erat, sehingga semua sumber daya dan dana sungguh-sungguh dipersembahkan bagi penyejahteraan rakyat dan kemajuan daerah.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed