oleh

Jelang Sidang Pleno Khusus Laporan Tahunan, MK Gelar Konferensi Pers

Selasa, 08 Februari 2022 | 15:37 WIB 

Live Streaming Sidang MK: Sidang Sengketa Perselisihan Hasil Pilpres 2019 -  Kabar24 Bisnis.com

KOPIFLOR.ID,JAKARTA –  Menjelang pelaksanaan Sidang Pleno Khusus Laporan Tahunan 2021, Mahkamah Konstitusi (MK)  menjumpai rekan media pada Selasa (8/2/2022) di Aula Gedung 2 MK. Pada kegiatan yang digelar secara daring dan luring terbatas ini, Ketua MK Anwar Usman menyebutkan jika MK berkewajiban menyampaikan laporan secara terbuka kepada masyarakat mengenai hal yang telah, sedang, dan yang akan dilakukan MK. Bahkan, sambung Anwar, dalam setiap perkembangan sidang perkara, MK harus menggelarnya secara terbuka.

“Maka pada Kamis, 10 Februari 2022 mendatang, MK akan menyampaikan laporan secara terbuka pada seluruh elemen bangsa. Pada kegiatan ini, nantinya MK akan mengundang Presiden RI, ketua lembaga negara, duta besar, dan undangan lainnya secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia,” jelas Anwar di hadapan rekan-rekan media yang hadir.

Lebih lanjut Anwar menyatakan, jika pada 2022, MK juga mendapatkan kepercayaan dari The World Conference on Constitutional Justice (WCCJ) atau konferensi peradilan konstitusi sedunia untuk menjadi penyelenggara Kongres Ke-5 WCCJ yang akan digelar pada 4 – 8 Oktober 2022 di Bali. Pada kegiatan ini, 118 negara akan turut serta hadir dan meramaikan hajatan internasional mahkamah dunia ini, baik secara daring maupun luring dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Untuk itu, Anwar berharap para jurnalis dapat menjadi penyambung informasi bagi MK pada masyarakat Indonesia atas hajatan akbar internasional tersebut.

“Untuk itu, pada rekan-rekan jurnalis kami meminta agar disampaikan pada publik jika Oktober 2022 mendatang MKRI akan menyelenggarakan hajatan internasional, yang tak hanya menjadi penting bagi MK tetapi juga bagi bangsa Indonesia,” jelas Anwar dalam konferensi yang sekaligus menjadi momen silaturahmi MK bersama jurnalis.

Pada kesempatan ini Anwar hadir didampingi oleh Sekretaris Jenderal MK M. Guntur Hamzah, Panitera MK Muhiddin, Kepala Biro Humas dan Protokol MK Heru Setiawan, dan Peneliti Senior MK Nalom Kurniawan. Sebagai informasi, MK akan menggelar Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Akhir Tahun 2021 pada Kamis (10/2/2022) di Ruang Sidang Pleno MK secara terbuka. Pada kesempatan tersebut, MK akan mengundang berbagai tamu undangan dalam upaya publikasi dan keterbukaan MK pada masyarakat akan peran dan kiprahnya sebagai lembaga peradilan modern dan tepercaya.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed