oleh

Garuda Indonesia Pastikan Tidak Ada PHK Massal

Sabtu, 5 Februari 2022 | 15:11 WIB

Ada Isu PHK Massal, Garuda Indonesia (GIAA) Bangkrut? - Ekonomi Bisnis.com
Ilustrasi Garuda Indonesia (Foto: Istimewa)

KOPIFLOR.ID,JAKARTA  – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melayangkan surat kepada PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) perihal permintaan penjelasan atas pemberitaan belakangan ini, terutama tentang isu pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan hingga efisiensi perusahaan.

Berikut tanya jawab antara BEI dan Garuda Indonesia, setelah BEI melayangkan surat Nomor: S-01152/BEI.PP2/02-2022. Adapun jawaban dari pihak Garuda Indonesia atas nama Irfan Setiaputra selaku direktur utama.

BEI: Klarifikasi atas kebenaran berita tersebut (isu PHK karyawan)

GIAA: Perseroan hingga saat ini tidak memiliki agenda pertemuan dengan pihak Kementerian Ketenagakerjaan berkenaan dengan rencana pengurangan jumlah karyawan. Saat ini, perseroan berfokus pada proses restrukturisasi melalui PKPU.

BEI: Apakah hal tersebut merupakan bagian dari upaya perseroan untuk melakukan efisiensi biaya operasional perseroan?

GIAA: Upaya efisiensi biaya di sektor kepegawaian yang dilakukan oleh perseroan sampai saat ini adalah melalui program penawaran pensiun dipercepat kepada karyawan dan menjalankan program unpaid leave melalui pengaturan kerja secara bergantian kepada para penerbang dengan mengacu pada jumlah penerbangan yang dioperasikan perseroan, serta pemotongan gaji kepada seluruh pegawai, termasuk komisaris dan direksi perseroan. Tentunya berbagai langkah efisiensi tersebut dilakukan dengan senantiasa mengedepankan komunikasi konstruktif bersama karyawan untuk memastikan fokus transparansi dalam komitmen tata kelola perusahaan khususnya melalui pengelolaan SDM berjalan dengan optimal.

BEI: Penjelasan mengenai kondisi operasional dan keuangan saat ini serta dampak terhadap kelangsungan usaha, jika perseroan akan melakukan PHK karyawan secara besar-besaran.

GIAA: Sampai dengan saat ini, perseroan tidak memiliki rencana melakukan PHK karyawan secara besar-besaran dan masih terus berfokus untuk menjalani proses PKPU. Selama proses PKPU berlangsung, perseroan memastikan seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan untuk tetap berlangsung dengan normal.

BEI: Informasi/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat mempengaruhi harga saham perusahaan?

GIAA: Tidak terdapat informasi/fakta/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi harga efek perseroan serta kelangsungan hidup perseroan. Selanjutnya perseroan akan senantiasa mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed