oleh

Kepala Sekolah SMKN 1 WAE RII Merayakan Natal dan Tahun Baru Bersama Serta Pemaparan Konsep Kerja

5 FEBRUARI 2022

Ferdi Tahu,Kepala Sekolah SMKN 1 WAE RI,I

KOPIFLOR.ID,RUTENG-FLORES – Kepala sekolah SMKN 1 WAE RI,I merayakan Natal dan Tahun Baru bersama dengan seluruh guru serta staf dan juga tokoh masyarakat dan perwakilan orang tua murid,(08 Januari 2022).

Dalam suasana penuh kegembiraan tersebut pihak sekolah juga mengundang tokoh Agama,Korwas Dikmen PLB kabupaten Manggarai,kepala desa Bangka Kenda,pengurus Komite sekolah,kepala Puskesmas Bangka Kenda,PLT kepala sekolah SMKN 1 Wae Ri,i serta seluruh staf OSIS di SMKN 1 Wae.Ri,i.

Natal yang mengambil tema,”Syukur dan Terima kasih dan Jadilah Cahaya Bagi Dunia”. Mengawali sambutannya,kepala Sekolah SMKN 1 Wae Ri,i,Ferdi Tahu menympaikan rasa syukur dan terima kasih atas segala berkat dan karunia yang boleh Tuhan berikan kepadanya dan juga kepada seluruh para tamu undangan maupun guru dan staf lainnya.

“Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan pertolongan-Nya,karena di tengah pandemi covid 19 yang tak tahu kapan berkahirnya ini kita semua masih diberi kesehatan baik secara pribadi maupun keluarga kita masing masing”, tegasnya.

Secara khusus atas berkat Tuhan bagi keluarga besar SMKN 1 Wae Rii selama perjalanan tahun 2021 dengan segala suka duka yang sudah kita lalui, secara khusus kita bersyukur karena beberapa guru yang lulus P3K kurang lebih 22 orang, 1 guru yang lulus PNS dan 3 guru yang dipercayakan sebagai kepala sekolah salah satunya saya sendiri.

Namun dibalik keberhasilan itu masih ada teman-teman guru yang mengalami keberhasilan tertunda. Kita berdoa Semoga di tahun 2022 mereka yang belum berhasil ditahun 2021 akan mengalami keberhasil ditahun baru ini. Kita berdoa juga semoga diwaktu yang akan datang keluarga besar SMKN 1 Wae Rii selalu diberkati, mendapat rahmat kesehatan dan perdamaian.

“Porong okes nai daat pakes nai dia, kut pande nggalas nai. Mai ga ite,nai caa anggit tuka ca leleng, porong cama lewang ngger peang cama poe ngger one. neka koe koas neho kota agu behas neho kena.

Porong tadang koes ringintis agu nempo leso, porong ite kaliga reges lima leke tawa lima gantang, porong sangged taung beti one weki agu sangged taung wintuk agu curup ata toe kop selama hoo kut pande cuar agu behas ngasang kaeng kilo agu kaeng golo, oke one waes laud one leso sale.

Porong ite kali ga temek koe wa,mbau koe eta. bolek loke baca tara,porong neka hemong sangged toing agu waheng dise ngasang ema selama hoo kut pande molor mose lino, ai mose hoo de mose dokong. mai ga ite reme koe cumang tau. pande agu tombo ata kop cama hae tau. Neka conga bail jaga tepo bokak, neka tengguk bail jaga tepo tengu”


Kalimat diatas merupakan kalimat Petua dan Nasihat Adat sebagai peneguhan bagi semua orang teristimewa bagi masyarakat Manggarai,karena apapun gelar dan jabatan yang kita raih dalam kehidupan ini tentu karena penyertaan Tuhan dalam menggapainya,dan pesan moral yang diturunkan dari para leluhur wajib untuk dilaksanakan oleh segenap masyarakat Manggarai.

Lebih jauh kepala Sekolah SMKN 1 WAE RI,I,Ferdi Tahu menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas Ijinnya sehingga tepat tanggal 17 Desember 2021 bahwa Tuhan yang maha kuasa karena atas ijinanNya tgl 17 desember 202,dirinya dilantik dan menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMKN1 WAE RI,I.

Saya berterima kasih kepada gubernur NTT, Kepala Dinas P dan K Prov. NTT, Korwas Dikmen PLB Kabupaten Manggarai, Plt SMKN 1 Wae Rii periode 2021 dan Bapak ibu pengurus komite serta semua orang yang tak sempat saya sebutkan sebutkan namanya satu persatu sehingga saya dipercayakan menjadi kepala SMKN 1 Wae Rii.

Dalam sambutannya,kepala sekolah Ferdi Tahu menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada guru-guru dan seluruh pegawai SMKN 1 WAE RI,I yang telah mendukungnya sehingga dilantik menjadi kepala sekolah SMKN 1 WAE RI,I,di iringi salam dan doa buat keluarga masing-masing.

Lebih jauh Ferdi Tahu juga menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah terdahulunya yang pernah memimpin SMKN 1 WAE RI,I antara lain :

Bapak Frans Borgias Hormat, S.Pd selaku kepala sekolah pertama sejak 2008 s.d 2013 sehingga sehingga layak dan pantas kita berikan hormat dan boleh kita juluki sebagai founding father of SMKN 1 Wae Ri’i

Ibu Yustin Damolda Romas, S.Pd selaku kepala sekolah peride 2014 s.d. 2020

Bapak Stefanus Enga, S.Pd selaku Plt. Kepala Sekolah periode 2020.

Terima kasih atas segala jasa pengabdian Bapak ibu sekalian dalam membangun dan mengembangkan lembaga SMKN 1 Wae Rii, doa kami semua semoga Bapak ibu selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang

“Saya menyadari betul bahwa saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari segala keterbatasan”.

Hari ini saya sebagai kepala sekolah bukan berarti saya yang paling hebat diantara teman teman,tetapi ini hanyalah sebuah titipan dan kepercayaan dari pemerintah provinsi,dimana pada hari ini diberikan kepada saya mungkin besok di berikan kepada yang lain dan lusa diberikan kepada yang lain lagi, artinya ini bukan jabatan kekal tetapi hanya bersifat sementara yang sewaktu waktu akan dicabut atau di ganti.

Karena itu selagi di beri kepercayaan, saya berjanji untuk menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, optimis dan tulus dengan mengedepankan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi yang dilandasi sikap melayani bukan dilayani.

Pada kesempatan ini pula dengan rendah hati saya memohon dukungan atau masukan dari Bapak bapak yang pernah memimpin sekolah ini, dukungan dari bapak ibu pengurus komite, serta para stakeholder.Secara khusus dukungan dari bapak ibu guru dan pegawai kiranya tak henti-hentinya memberikan masukan atau saran yang konstruktif dalam membangun dan mengembangkan lembaga SMKN 1 Wae Rii yang kita cintai ini.

Saya mengajak semua bapak ibu guru dan pegawai mari kita selalu bekerja sama dan sama sama kerja,dan tumbuhkan semangat kerja yang positif dan tulus dengan menunjukan kinerja dan perilaku yang baik layaknya seorang pendidik yang selalu memberi teladan yang baik bagi semua orang khususnya bagi siswa.


Pemaparan Konsep Kerja

Menurut penuturan Ferdi Tahu,Konsep membangun dan mengembang sekolah kejuruan yang bermutu tidak terlepas dari lima komponen:

Input Siswa (berdasarkan minat,bakat, prestasi akademik)

SDM tenaga PTK (kreatif, inovatif, memiliki sertifikat kompetensi kejuruan berstandar DUDIKA, memiliki etos kerja/budaya kerja berstandar DUDI)

Meningkatkan kompetensi: Daftar menjadi guru penggerak

Kepala sekolah: pekerja keras, pantang menyerah, kreatif, inovatif, memiliki naluri kewirausahaan, dan mengimplemntasikan supervise pembelajaran

Kurikulum: penyelarasan kurikulum, berstandar industry

Sarpas: rasio alat praktik sesuai, berstandar DUDIKA

Dukungan finansial, komite, dudi, bantuan penyerapan lulusan

Proses

Penyelerasan atau penyesuain kurikulum: melibatkan DUDIKA yang relevan

Pembelajaran yang aktif dan efektif dimana guru-guru selalu bertanggungjawab dalam mengisi les dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dan sarpras yang berstandar DUDIKA

Meningkatkan budaya literasi: menulis dan membaca yang diwujudkan kegiatan perlombaan penulisan lomba karya tulis ilmiah baik antara siswa maupun antara sesama guru

Menumbuhkan kemampuan Bahasa daerah,yaitu Bahasa manggarai menetapkan satu hari sebagai hari Bahasa Manggarai dalam berkomunikasi, untuk melestarikan budaya local khususnya Bahasa Manggarai sebagai Bahasa ibu

Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan menetapkan satu hari sebagai English day: semua guru, pegawai maupun siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi

Mengadakan lomba keterampiran siswa(LKS) maupun berdasarkan kompetensi keahlian

Mengadakan lomba antara siswa baik lomba secara Akademik maupun Non Akademik

Perbanyakkan kegiatan praktik, ada kunjungan ke DUDIKA,
Menyelenggarakan pembelajan TEFA (pembelajaran industry): memiliki unit produksi atau pusat bisnis layaknya seperti di DUDI melibatkan siswa,

omzet :

Kelas kewirausahaan
Meningkan jalinan kerja sama dengan DUDIKA: PKL, magang, penyerapan tenaga kerja, guru tamu, instruktur, sertifikasi kompetensi siswa, program LSP P1

Mewujudkan sekolah ini sebagai pusat keunggulan atau SMKPK di tahun 2022

Output :

Kualitas lulusan: berkompeten sesuai kebutuhan DUDIKA dan sesui KKNI (sertifikat siswa berbasis LSP/BNSP)

Outcome :

Keterserapan siswa pada DUDIKA
Kemandirian: menciptakan lapangan pekerjaan/ berwirausaha
Mengembangkan kompetensi: kuliah relevan dan kursus yang relevan

Impact

Meningkatnya kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap sekolah
Semakin tinggi minat siswa yang masuk sekolah ini
Terwujud kemandirian sekolah: pengelolaan keuangan yang berbasis BLUD

Visi:
Terwujudnya peserta didik yang berkarakter, kompeten, memiliki naluri kewiraushaan dan berdaya saing di tengah industri 4.0

Demikian sambutan dan pemaparan program kerja atau pemaparan Konsep Kerja dari Kepala Sekolah SMKN 1 WAE RI,I,Ferdi Tahu di depan tamu undangan yang hadir dalam acara Natal dan Tahun Baru bersama bersama keluarga besar Guru,murid,orang tua murid serta tokoh agama,tokoh masyarakat dan Dinas kesehatan setempat

Di akhir sambutanya Ferdi Tahu menyampaikan,” Saya atas nama keluarga besar SMKN 1 Wae rii mengucapkan terima kepada romo, bapak korwas, dan bapak ibu sekalin yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di tempat ini”.

Terima kasih juga bapak /ibu guru dan pegawai yang dengan caranya masing-masing untuk menyukseskan kegiatan hari ini. mohon maaf atas segara kekurangan dalam acara ini. Demikian sambutan saya, terima kasih atas perhatian bapak ibu sekalian.( MILIKIOR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed