oleh

Peta Geologi Indonesia Dalam Genggaman Tangan

3 FEBRUARI 2022 | 21:51 WIB

  Portal Geologi Indonesia. Tidak hanya menyediakan peta-peta dalam format raster, tetapi juga peta geologi dalam bentuk vector. IGID

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan Portal Geologi Indonesia. Masyarakat bisa mengakses ribuan publikasi dan 4.756 peta-peta geologi dan geofisika dalam berbagai tema dan skala.

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Masyarakat tak lagi harus mengangkat dan membuka buku besar peta geologi Indonesia.Data dan informasi kegeologian yang sebelumnya tersimpan dalam bentuk fisik/hardcopy di perpustakaan geologi, telah dikonversi dalam bentuk digital dan terhubung secara online dalam bentuk website (portal). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Jumat, 28 Januari 2022 melakukan ”Peluncuran Portal Geologi Indonesia”.

Guna memudahkan dan mempercepat pelayanan informasi kegeologian di Indonesia kepada masyarakat serta stakeholder, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), meluncurkan portal Geologi Indonesia. Inovasi ini merupakan transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi.

“Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah proses digitalisasi pelayanan publik yang berkualitas. Portal Geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi leksikon stratigrafi, cekungan sedimen, warisan geologi, dan peta-peta di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, saat meluncurkan Portal Geologi Indonesia, Jumat (28/1/2022).

Kementerian ESDM, lanjut Arifin, memiliki amanah untuk menjamin ketersediaan energi dan sumber daya mineral dalam pembangunan nasional. Selain itu, Kementerian ESDM melalui Badan Geologi menyediakan pelayanan data dan informasi survei geologi dan geofisika, serta melakukan penyelidikan dan pemetaan untuk menghasilkan data, informasi, dan peta-peta dalam berbagai tema dan skala.

Peran pelayanan publik semakin penting dalam menunjang pembangunan infrastruktur nasional yang saat ini sedang dilakukan secara masif. Dalam portal Geologi Indonesia terdapat informasi terdiri dari geoheritage/warisan geologi, leksikon stratigrafi, sedimentary basin/cekungan sedimen dan geomap.

Warisan geologi adalah warisan bumi yang memiliki aspek ilmiah, keunikan, kelangkaan, dan keindahan, yang menjadikan objek warisan geologi sebagai komponen penting untuk membangun daerah secara berkelanjutan melalui konsep geopark, dengan memanfaatkan situs warisan geologi untuk kegiatan penelitian, edukasi dan pariwisata.

Leksikon stratigrafi menyajikan data dasar informasi 1.856 unit satuan litostratigrafi di seluruh Indonesia yang berasal dari peta geologi yang telah terbit. Untuk melihat sebaran unit satuan litostratigrafi tersebut dalam tampilan geospasial, publik dapat membuka geomap.

Geomap, tidak hanya menyediakan peta-peta dalam format raster, tetapi juga peta geologi dalam bentuk vector. Pengguna dapat mengunduh peta-peta yang dibutuhkan secara langsung. Bagi masyarakat yang ingin mengakses portal Geologi Indonesia dapat mengakses di alamat https://geologi.esdm.go.id/geolindo” target=’_blank’>https://geologi.esdm.go.id/geolindo”>https://geologi.esdm.go.id/geolindo .


“Data dan informasi warisan geologi yang cepat dan mudah akses sangat dibutuhkan publik dan stakeholderterkait. Aplikasi warisan geologi (geoheritage) menyajikan layanan informasi, layanan verifikasi online dalam penetapan warisan geologi, dan pengelolaan database warisan geologi seluruh Indonesia,” kata Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono, saat acara peluncuran Portal Geologi Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Survei Geologi (PSG) Badan Geologi  Kementerian ESDM, Hendra Gunawan menginformasikan bahwa PSG telah melakukan survei, penyelidikan dan pemetaan geologi, dan geofisika di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut telah menghasilkan banyak data dasar kegeologian, ribuan publikasi dan 4.756 peta-peta geologi dan geofisika dalam berbagai tema dan skala.

“Produk-produk yang dihasilkan PSG tersebut dapat diakses oleh publik dan masyarakat luas di Perpustakaan Pusat Survei Geologi. Kita ketahui, perpustakaan geologi di Pusat Survei Geologi menyimpan data dan informasi geologi dari seluruh wilayah indonesia yang terhimpun sejak pertengahan abad ke-17,” terang Hendra.


Sebagian produk-produk PSG tersebut, dikatakan Hendra, sudah didigitalisasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi kegeologian. Didukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, proses digitalisasi pelayanan publik terkait data dan informasi geologi Indonesia kini semakin mudah.

“Menyongsong era digital 4.0, PSG membangun Portal Geologi Indonesia untuk mempermudah dan mempercepat akses terhadap data geologi sesuai dengan kebutuhan pengguna,” kata Hendra.

Portal Geologi Indonesia akan terus disempurnakan dan dievaluasi, baik dari sisi teknologi maupun konten sesuai dinamika yang ada. Portal Geologi Indonesia saat ini terdiri dari lexikon stratigrafi, Geoheritage, cekungan sedimen dan geomap, dan terus dikembangkan sesuai dengan bertambahnya data kegeologian dan kebutuhan stakeholder. Portal ini dikerjakan oleh tenaga ahli dan pranata komputer dari PSG dan Sekretariat Badan Geologi.

Peluncuran portal geologi ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman yang hadir dalam acara peluncuran. “Saya sangat mengapresiasi setinggi-tinggi dan sebesar-besarnya terhadap upaya modernisasi yang dilakukan oleh Badan Geologi, dalam hal ini untuk membuat portal Indonesia. Bagi saya, ini adalah sebuah langkah positif dalam rangka untuk masuk ke dalam babak baru atau era baru pasca pandemi ini,” ujar Maman.

Menurut Maman, pascapandemi, perilaku pribadi maupun institusional mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat signifikan. Dan portal geologi adalah sebuah bentuk pergeseran atau adaptasi terhadap tantangan zaman yang harus didukung.

Maman meminta Badan Geologi untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas data dan informasi yang ada di dalam portal Geologi Indonesia. Mengingat Salah satu manfaat portal geologi ini adalah memudahkan para pelaku di bidang kegeologian untuk mengakses segala hal terkait informasi kegeologian yang ada di Indonesia.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed