oleh

BYD Perkenalkan Bus Sekolah Listrik dengan Jangkauan 225 Kilometer

Rabu,3 Februari 2022 09:00 WIB

Bus sekolah listrik BYD. (Hindustan Times via Antara)
Bus sekolah listrik BYD. (Hindustan Times via Antara)

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – – Produsen otomotif terkemuka asal Cina, BYD, memperkenalkan bus sekolah listrik ‘Tipe A’ baru untuk Amerika Serikat dengan kapasitas angkut hingga 30 siswa sekaligus.

Dikutip Hindustan Times, Senin, bus nol-emisi baru memiliki jangkauan 225 kilometer dengan sekali pengisian daya. Salah satu yang menarik dari bus ini adalah kemampuan vehicle-to-grid (V2G). Teknologi V2G memungkinkan kendaraan berfungsi sebagai sumber daya penyimpanan saat tidak mengangkut siswa.

Kendaraan ini juga dapat dilengkapi dengan liftgate ADA yang mampu mengangkat 800 pon. Kendaraan tersebut juga memiliki fasilitas untuk membawa siswa penyandang disabilitas.

Sumber daya bus listrik dari baterai lithium iron phosphate (LFP), yang dapat diisi ulang dengan dua tingkat yang berbeda. Ini termasuk pengisian cepat DC 150 kW serta pengisian AC fase tunggal 19,2 kW.

Menurut BYD, bus bertenaga baterai dapat memotong biaya bahan bakar sebanyak 60 persen dibandingkan dengan kendaraan diesel dan juga memotong biaya perawatan sebanyak 60 persen.

“Kemampuan pengisian dua arah bus Tipe A kami adalah pengubah permainan. Bus sekolah dapat diisi daya semalaman saat permintaan energi rendah, dan energi bersih bebas emisi dapat dimasukkan kembali ke dalam kelas selama jam sekolah saat bus diparkir dengan menjaga ruang kelas tetap terang dan siswa serta guru tetap terhubung,” kata Kepala Solusi Teknologi Total BYD Samuel Kang.

Fitur keselamatan standar pada bus termasuk bodi konstruksi baja berkekuatan tinggi, kontrol stabilitas elektronik untuk membantu penanganan, dan sistem pengereman elektronik untuk memastikan gaya rem yang lebih merata.

Bus sekolah listrik ini juga dilengkapi sabuk bahu pangkuan 3 titik HSM, kursi anak terintegrasi, dan pengaman portabel.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed