oleh

Seragam Satpam Akan Berwarna Krem, Polri Akan Pamerkan pada 2 Februari 2022

31 JANUARI 2022

Resmi Jadi Warna Krem, Seragam Baru Satpam Bakal Dikenalkan Pada 2 Februari  2022 - Inilah Koran
Seragam Satpam yang sebelumnya berwarna abu-abu tua, kini berganti menjadi krem. 

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Setelah dianggap mirip dengan seragam dinas Polisi, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memutuskan untuk mengganti warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam).Mabes Polri akan memperkenalkan seragam baru Satpam pada Rabu, (2/1/2022) mendatang.

Awalnya, pengenalan seragam baru satpam akan berlangsung pada hari Senin ( 31/1/2022), bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Ke-41 Satpam.“Rencana penggantian ini akan diperkenalkan dulu pada saat hari ulang tahun satpam dan nanti akan digelar pada 31 Januari 2022,” kata Ramadhan, Kamis (13/1/2022), dikutip dari laman Humas Polri.

Namun demikian, pengenalan tersebut urung dilakukan hari ini dan akan diundur menjadi tangal 2 Februari 2022.”Perkenalan seragam baru satpam diundur tanggal 2 Februari 2022,” ujar Ramadhan, Minggu (30/1/2022) sore, seperti dikutip dari Kompas.com.

Seperti diketahui, korps Bhayangkara berencana mengganti warna seragam harian Satuan Pengamanan (Satpam) dari yang sebelumnya berwarna cokelat muda menjadi warna krem.Pengubahan warna seragam Satpam tersebut untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

Ramadhan menjelaskan seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam.Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya

Karena hal tersebut, Polri akhirnya memutuskan untuk mengganti warna seragam Satuan Pengamanan (satpam) supaya menjadi pembeda.Nantinya seragam baru satpam akan digunakan setelah Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 2/2020 tentang Pamswakarsa selesi direvisi. 

Proses transisi seragam baru akan dilakukan dalam kurun waktu setahun setelah Perpol direvisi. “Nantinya, perubahan warna seragam ini akan efektif setahun setelah Perpol terbentuk,” jelas Ramadhan.

Disebut Mirip Polisi India

Menjelang diperkenalkan pada hari rabu, ada warganet yang lebih dahulu mengunggah video menampilkan seragam baru satpam 2022 berwarna krem dengan celana cokelat tua.Dalam video berdurasi 17 detik yang diunggah akun Instagram @dramacommuterline, tampak puluhan satpam yang telah mengenakan seragam berwarna krem.

“Warna seragam baru satpam 2022,” demikian keterangan yang dituliskan pemilik akun.

Dalam video yang beredar terlihat sekumpulan satpam yang diduga selesai menggelar apel di Lapangan Bhayangkara, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan depan Mabes Polri.Melalui unggahan akun itu, terlihat pula atribut satpam yang lengkap mulai dari baju, celana, lencana berlogo Polda Metro Jaya hingga topi.Warga net kembali menyoroti perubahan seragam tersebut.

Mayoritas netizen berkomentar bahwa seragam baru satpam mirip dengan Polisi India.”Mirip Polisi India,” tulis akun @mfardi(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed