oleh

Anggota DPR Pastikan Komisi IX Bantu Kebangkitan Bali

30-01-2022 / KOMISI IX

Anggota Komisi IX DPR RI Sukamto saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi IX DPR RI ke Bali, Kamis (27/1/2022). Foto: Hira/nvl

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI Sukamto memastikan kunjungan kerja Komisi IX DPR RI ke Bali akan mengupayakan segala dukungan yang dapat diberikan untuk membantu kebangkitan pariwisata dan ekonomi Bali. Ia mengungkapkan, kedatangan Komisi IX DPR RI ke Bali tidak semata-mata melihat keberhasilannya, tetapi untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi Bali selama ini. 

“Saya menanyakan kepada Pemerintah Provinsi Bali, dengan adanya keterpurukan seperti ini apa harapan-harapan bali kepada pemerintah pusat” ujar Sukamto di sela-sela mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi IX DPR RI ke Bali, Kamis (27/1/2022). Rangkaian kunjungan Komisi IX DPR RI salah satunya ke Bandara I Gusti Ngurah Rai guna meninjau penerapan protokol kesehatan jelang Presidensi Group Of Twenty (G20).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendapati informasi, dalam dua tahun terakhir Bali mengalami dampak yang begitu besar sejak kehadiran pandemi Covid-19. Dirinya mengaku prihatin atas kondisi yang terjadi di Bali saat ini. “Bukan karena pabrik (tutup), bukan karena perusahaan (bangkrut), tapi karena (tidak ada) manusia (yang datang berwisata). Semakin banyak yang datang, semakin makmur daerah sini,” jelasnya

Meski demikian, lanjut Sukamto, dirinya bersyukur dampak pandemi yang menyebabkan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di Bali karena ketidakhadiran wisatawan atau konsumen, tidak menyebabkan kerusuhan. Ia menduga para pekerja yang berada di Bali merupakan orang luar Bali. “Namun demikian, di (Bali) sini masih tetap berjalan dan saya lihat mulai membangun kembali,” tandasnya.

Legislator daerah pemilihan (dapil) DI Yogyakarta itu pun mewanti-wanti adanya varian baru virus Covid-19, yakni Omicron yang juga berbahaya. Menurutnya hal tersebut juga akan menjadi ancaman bagi Bali, sehingga diperlukan pemeriksaan kepada pendatang dan protokol kesehatan yang ketat. “Bali melakukan pemeriksaan secara ketat seperti yang kita lihat bersama-sama (dalam peninjauan Bandara I Gusti Ngurah Rai), sehingga itu merupakan langkah-langkah yang benar,” apresiasi Sukamto.

Sukamto berharap, Bali dapat pulih kembali seperti sedia kala dan optimis bali mampu menjadi tuan rumah dalam kegiatan besar seperti Presidensi Group of Twenty (G20) mendatang. “Mudah mudahan saja situasi, tidak hanya nasional, maupun internasional, Covid segera berakhir dan Bali menjadi makmur kembali. Itu harapannya,” optimis Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI tersebut. (MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed