oleh

Wisata Sepeda di Magelang jadi Potensi Pendapatan Masyarakat

Minggu, 30 Januari 2022 | 08:07 WIB 

post thumb

KOPIFLOR.ID,MAGELANG  – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  mendorong Kota Magelang, Jawa Tengah mengembangkan wisata sepeda karena daerah ini berkomitmen terhadap pesepeda. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Akmal Malik, melalui keterangan tertulisnya, usai memberikan penghargaan pemenang Bike-To-Work (B2W) Indonesia Award 2021 kepada Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Sabtu (29/1/2022).

“Kota Magelang mendapatkan predikat sebagai Kota Ramah Sepeda. Saya ingin Magelang itu bisa memanfaatkan momentum ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, menumbuhkan komunitas-komunitas sepeda yang bisa mendorong wisata-wisata sepeda,” kata Akmal, 

Keberadaan wisata sepeda, kata Akmal, bisa mendatangkan turis dan mendorong lama tinggal wisatawan di Magelang. Pemerintah daerah harus memfasilitasi, bukan hanya sekadar jalur sepeda, namun memberikan manfaat dan tambahan penghasilan.

“Jangan cuma sekadar jalur saja, tapi wisata sepeda yang bermanfaat bagi masyarakat, yang memberikan tambahan penghasilan. Itu harus kita dorong karena tugas pemda itu membuat masyarakat sejahtera,” kata Akmal yang juga pembina B2W Indonesia ini.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyampaikan terima kasih atas penghargaan B2W ini.

“Dengan penghargaan yang diterima ini, kami semua harus semangat memberikan pelayanan terbaik bagi pesepeda,” katanya.

Menurut Aziz, komitmen Pemkot Magelang agar menjadi kota ramah sepeda mendapat penilaian yang luar biasa. Kota Magelang dinilai memperhatikan pesepeda dan ini merupakan program pemerintah dalam upaya mengurangi polusi karbon.

Pada kesempatan itu, Aziz juga menyatakan mendapatkan ilmu baru untuk mengembangkan wisata sepeda di wilayahnya, terlebih saat pandemi COVID-19 ini.

Aziz menyampaikan Kota Magelang memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan sehingga inisiasi tersebut akan disokong dengan anggaran. Hal ini juga sudah didukung dengan tersedianya fasilitas jalur sepeda.

“Makanya kami mengundang B2W untuk penataan yang akan dimulai. Kami mendapat masukan jika olahraga sepeda itu bisa berkembang, potensi dan peluangnya besar. Pemkot mendukung anggaran dan perangkatnya,” katanya.(MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed