oleh

Serapan Anggaran Capai 98,88 Persen, Komisi IV Minta KKP Pertahankan Kinerja Tahun 2022

26-01-2022 / KOMISI IV

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat membuka Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Kelautan dan Perikanan di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Foto: Andri/Man

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengapresiasi realisasi anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2021 yang mencapai 98,88 persen. Pencapaian ini masuk dalam kategori tertinggi serapan tingkat nasional. Dirinya berharap pencapaian ini tetap dipertahankan pada kinerja tahun 2022.

“Kami menyampaikan apresiasi terhadap realisasi anggaran KKP tahun 2021, yang terealisasi sebesar 98, 88 persen dari pagu sebesar Rp4,77 triliun. Tentu serapan ini lebih tinggi dari serapan tingkat nasional. Capaian tersebut tentu harus dipertahankan pada kinerja tahun 2022,” ujar Sudin saat membuka Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Kelautan dan Perikanan di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Terkait automatic adjustment belanja KKP tahun anggaran 2022, Sudin mengingatkan KKP agar anggaran automatic adjustment yang masuk sebagai dana cadangan tidak memotong anggaran program dan kegiatan yang bersifat pemulihan ekonomi. Menurutnya, anggaran yang bersifat pemulihan ekonomi ini bernilai strategi karena sangat dibutuhkan oleh masyarat kecil, terutama para nelayan dan pembudidaya.


Terakhir, politisi PDI-Perjuangan itu menekankan KKP berkomitmen menjalankan tugas dan fungsinya di bidang perikanan dan kelautan melalui program dan kegiatan yang sudah diproyeksikan. Supaya setiap program dan kegiatan didukung oleh anggaran yang cukup maka dirinya meminta KKP menjalin koordinasi baik dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

“Koordinasi ini jadi penting untuk anggaran KKP (agar) dapat meningkat, mencapai 1 persen dari APBN, tentu saja dengan menaikan PNBP. Sehingga setiap program dan kegiatan yang diproyeksikan bisa berjalan sesuai dengan tujuan,” tandas wakil rakyat dari dapil Lampung I itu. (MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed