oleh

Fraksi NasDem Setujui RUU TPKS jadi Usul Inisiatif DPR

Fraksi NasDem Setujui RUU TPKS jadi Usul Inisiatif DPR

18-01-2022 / PARIPURNA

Anggota DPR RI Taufik Basari, pada Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022), Foto: Azka/Man

KOPIFLOR.ID,JAKARTA – Fraksi Partai NasDem DPR RI menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) ditetapkan sebagai usul inisiatif DPR RI. Melalui juru bicaranya, Anggota DPR RI Taufik Basari, pada Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022), Fraksi Partai NasDem menyatakan komitmen untuk terus mengawal pembahasan substansi RUU TPKS agar benar-benar memberikan kepastian hukum dan menjamin perlindungan bagi korban kekerasan seksual serta dapat diimplementasikan secara efektif.

Sebab, lanjutnya, kasus-kasus kekerasan tersebut tidak hanya memberikan luka pada fisik dan psikologis korban, tetapi juga telah membuka peluang terjadinya viktimisasi berganda pada korban oleh sebab stigma masyarakat maupun penanganan yang tidak tepat dari aparat penegak hukum. “Ketidakmampuan negara dalam memberikan jaminan perlindungan warga negaranya atas kasus kekerasan seksual yang kian merebak ini menimbulkan kekhawatiran, ketakutan, kekecewaan bahkan ketidakpercayaan publik kepada hukum di Indonesia,” terangnya.

Tobas, sapaan akrabnya menjelaskan, apabila sebagai pemegang mandat kekuasaan politik yang dijamin konstitusi tidak melakukan upaya pencegahan dan perlindungan bagi warga negara atas berbagai bentuk kekerasan seksual, maka bukan tidak mungkin kasus kekerasan seksual yang menjadi fenomena gunung es ini akan menjadi penghambat kemajuan bangsa Indonesia ke depan. “Untuk itu, Fraksi Partai NasDem DPR RI sejak awal mengusulkan, mendorong dan mendukung disusunnya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang kemudian menjadi RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual,” tegas Anggota Komisi III DPR RI itu.

Lanjut Tobas, setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai kalangan, RUU ini telah mengakomodir pendapat yang dari segala sisi termasuk dari sisi yang menyatakan berkeberatan terhadap RUU ini. Fraksi NasDem berharap, RUU ini menjadi milik bersama dengan dukungan dan berbagai kalangan. (MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed