oleh

Jokowi Sampaikan Presidential Lecture Pancasila di Unpar Bandung

17 JANUARI 2022

Jokowi Sampaikan Presidential Lecture Pancasila di Unpar Bandung
Presiden Jokowi saat memberikan presidential lecture pada Dies Natalies ke-67 Unpar, Kota Bandung, Senin (17/1/2022). (FOTO: Iwa/capture youtube)

KOPIFLOR.ID, BANDUNG – Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan presidential lecture pada Dies Natalies ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Kota Bandung, Senin (17/1/2022). Presidential lecture atau kuliah umum mengusung tema Pancasila Kekuatan Rakyat dan Keindahan Tradisi.

Dalam rangkaian kegiatan Dies Natalies ini Presiden juga memberikan pengarahan kepada sekitar 10 ribu civitas akademika Unpar secara hybrid, di Auditorium PPAG Unpar, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, usai peresmian Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG).

Pada awal kuliah umum Presiden Jokowi menyampaikan selamat atas Dies Natalies ke-67 Unpar. Pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada Unpar yang terlah memberikan kontribusii besar dalam sejarah bangsa berupa pemikiran-pemikiran dan sumber daya manusia dan karya-karya nyatanya bagi kemajuan Indonesia.

Jokowi-14.jpg

Dalam kuliah umumnya Jokowi menyampaikan masih kuatnya tradisi kegotongroyongan rakyat Indonesia dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 dan disrupsi teknologi.Dalam vaksinasi pun, kata dia, Indonesia mendapaat rangking keempat vaksinasi terbanyak setelah Cina, Brazil dan Amerika.

Jokowi bilang, banyak negara yang kaget terheran -heran kenapa Indonesia bisa sedemikian cepat dalam menurunkan angka Covid-19 secara signifikan dan jumlah vaksinasi yang sedemikian banyak.

“Semuanya bergerak bergotong royong menghadapi pandemi. Ini semua membuktikan bahwa tradisi kegotongroyongan, tradisi Pancasila kita masih kuat. Pancasila kita ada di situ. Implementasi Pancasila ada di situ. Masih kuat sekali. Negara lain, negara besar tidak memiliki itu,” tandas Presiden.

Ia menyebut 30 provinsi di Indonesia sudah mencapai target vaksinasi  di atas 70 persen, termasuk Jawa Barat yang kini mencapai 83 persen.

“Pandemi Covid-19 tidak boleh menghentikan transformasi besar yang sedang kita lakukan. Tetap harus berjalan terus transformasi ekonomi bernilai tambah yang tinggi, transformasi green ekonomi, dan ekonomi masyarakat digital,” urai Jokowi.

Jokowi-15.jpg

Jokowi juga memberikan arahan agar segenap Civitas Akademika Unpar dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk ikut berkontribusi atas agenda besar transformasi Indonesia. Memberikan kontribusi dengan pemikiran dan SDM.

Sebab yang paling penting menurutnya adalah SDM. Karena tanpa SDM yang baik dan unggul, Jokowi mengaku ragu urusan ekonomi digital ini akan bisa melompat dan pangsa kuenya bisa ambil.

“Oleh sebab itu saya minta kepada perguruan tinggi agar memfasilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan talentanya. Jangan dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di fakultas. Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja, ” ungkapnya.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang menyampaikan, kedatangan Joko Widodo disambut dengan penuh suka cita, gembira, dan terhomat. Kesempatan itu akan menjadi momen bersejarah bagi Unpar.

“Pak Presiden menyampaikan presidential lecture selama 30 menit. Beliau menyampaikan pandangan, pemikiran, sikap, maupun kebijakan dalam menegakkan Pancasila,” ucap Mangadar.

Latar pengusungan tema, ucap Mangadar, menyesuikan hakikat pendirian Kampus Unpar yang berbasis nilai-nilai Pancasila. Sejak masa lalu, Pancasila merupakan kekuatan bersama, tetap relevan guna menghadapi persoalan atas dampak pandemi Covid-19. Pancasila menjadi kekuatan bersama yang sama saat pendahulu menghadapi persoalan lebih besar, zaman imperialisme, maupun kolonialisme.

Selain presidential lecture, Manggadar mengatakan, Presiden RI Jokowi meresmikan Gedung PPAG Unpar, dan menyaksikan penyerahan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa secara simbolis. (MAXIMUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed