by

Kepulauan Flores Provinsi,BUTUH KEKUATAN KITA BERSAMA

John Pella

Saya yakin serta sangat percaya bahwa GEMAH Kepulauan Flores provinsi telah tiba di telinga kita semua,siapapun dia (orang flores dan kepulauan).
Karena bunyi Flores provinsi sudah didengungkan sejak 65 tahun silam. Tentu hal ini harus dijadikan sebuah semangat atau bahkan dendam yg membara agar realita rencana kita segera datang dan terjawab sesuai dambaan semua orang di Kepulauan Flores.

Kaitan dengan cita-cita serta keinginan kita adalah hal yang paling mendasar ALASAN PEMEKARAN.Ini tentu menjadi referensi kita semua terkhusus kepada yg menamakan dirinya “pejuang PKF….maksudnya agar tidak kaget saja ketika ditanya alasan atau tujuan pemekaran.

UU no. 23 tahun 2014 menyebutnya bahwa pemekaran sebuah daerah baru baik propinsi maupun kabupaten/kota harus didasarkan pada alasan KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

Kesejahteraan ini menjadi visi besar kita semua agar perjuangan kita tidak dihambat oleh siapapun dan oleh apa saja….


Dalam UU tersebut selain menyebutkan alasan pemekaran adalah kesejahteraan,disebut juga alasan kongkritnya sebagai terjemahan atau realisasi dari visi yang dimaksud adalah; pemanfaatan/pengelolaan potensi daerah serta percepatan pembangunan,pendekatan pelayanan serta beberapa alasan lain.


Inilah yang harus benar-benar dipahami oleh kita semua yang merupakan kekuatan bersama seperti yang dimaksudkan di atas.

Dalam UU ini pula (uu 23/2014) juga mengatur proses,mekanisme serta tatacara dan prosedur pemekaran daerah yang hampir seratus persen diurus oleh eksekutif dan legislatif sedangkan sisanya oleh tim indipenden untuk melakukan kajian-kajian itupun diminta oleh pemerintah.

Apapun alasannya kita tetap mendukung sesuai dengan arah dan tujuan dan cita cita kita.

Dua hal tersebut di atas,alasan pemekaran dan regulasi yg ada adalah senjata utama yang merupakan kekuatan kita untuk mendorong agar PEMEKARAN PROPINSI ini segera terjadi.

Ada dua syarat utama yg harus dipenuhi menurut uu ini (uu 23/2014) adalah syarat DASAR dan syarat ADMINISTRATIF.
Syarat dasar meliputi dua hal yaitu,syarat DASAR KEWILAYAHAN dan syarat DASAR KAPASITAS DAERAH.

Sedangkan syarat ADMINISTRATIF adalah persetujuan bersama bupati dan dprd sewilayah cakupan pemekaran serta persetujuan bersama gubernur dan dprd propinsi induk yang selanjutnya akan diusulkan kepada pemerintah pusat,dpr ri dan dpd ri.


Kedua syarat ini adalah sangat penting untuk di sikapi,tentu akan diikuti syarat2 lainnya.

Dari hal hal yang disampaikan di atas adalah penting adanya dalam konteks perjuangan kita (kepulauan flores propinsi) bahwa membutuhkan KEKUATAN KITA BERSAMA baik masyarakat akar rumput maupun kaum menengah serta elitis skalipun.


Kita harus memanfaatkan potensi dan waktu sebaik mungkin sesuai dengan posisi dan kondisi kita masing-masing. Kita gunakan seluruh kekuatan dan sumberdaya yang kita miliki.


Karena itu melalui pikiranku ini,beberapa saran yang akan ku sampaikan:
1.Kita galakan semua kekuatan yang ada.
2.Manfaatkan seluruh sumberdaya yang kita miliki.
3.Jemput aspirasi dan gencar sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat.
4.Tiingkatkan lobi dan komunikasi dengan pemerintah dan legislatif karena mereka yang miliki kewenangan (syarat dasar administratif).
5.Manfaatkan waktu kunjungan kerja anggota legislatif agar aspiratif.
6.Hindari perdebatan perdebatan yang tidak produktif.


Beberapa hal tersebut di atas menjadi penting bagi kita…..agar kita jadikan dasar dalam melangkah untuk tercapainya perjuangan.

Maaf tulisan pikiran saya ini hanya sekedar berbagi jika diinginkan….dan juga hanya mngingatkan kita…karena sekarang kita tengah berjalan pada jalan yg sama untuk mencapai tujuan yg sama.
KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI DAN KALAU BUKAN SEKARANG KAPAN LAGI……

Dari mbay dan slamat sore….

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed