by

Kepulauan Flores Provinsi,PELUANG dan TANTANGAN

Selasa,13 April 2021

John Pella

Kopiflor.id,Nagekeo – Semangat yg menggelora ada di hati setiap orang bahwa kapan saja yg penting flores dan kepulauan tetap jadi sebuah provinsi,Spirit ini dimulai sejak 65 tahun silam,tegas John Pella di Mbay,ibu kota kabupaten Nagekeo,Selasa,(13 /04/2021)

Dan kita yakin semangat dan spirit yg tinggi ini berdasarkan keinginan agar rakyatnya hidup sejahtera sesuai dengan amanat konstitusi negara.

Dari waktu ke waktu pemerintah selaku penyelenggara negara terus berupaya dan berusaha keras agar kerja-kerjanya bisa menjawab sesuai dan tepat dengan kebutuhan rakyatnya,kenapa demikian ??? Karena rakyatlah pemegang KEDAULATAN…..

Lebih jauh John Pella mengungkapkan,Bicara kepulauan Flores propinsi adalah hal yang biasa dan telah banyak kali kita lakukan dan diperbincangkan,memang kisaran lima tahun terakhir ini sudah mulai menggema kembali setelah hampir dua belas tahun paska mubes di Ruteng tahun 2003 silam….

Dan bebrapa tahun ke depannya diam dalam kesunyian dan kesenyapan…..
Kita yakin semangat ini kembali bangkit hanya karena kepedulian kita yang begitu tinggi agar Flores dan pulau pulaunya tetap jadi propinsi dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Apapun semangat dan kepedulian kita,kita harus tetap BERLANDASKAN ATURAN DAN HUKUM YANG ADA…aturan dan hukum termaksud adalah regulasi yg mengatur tentang penataan dan pemekaran suatu daerah baik kabupaten dan juga propinsi.


Kaitan dengan hal ini tentu tak lain dan tak bukan adalah UU NO. 23 THN 2014 TENTANG OTONOMI DAERAH….dan mengenai pemekaran diatur di dalamnya.

Lebih jauh John pella mengungkapkan bahwa Untuk kali ini saya belum bisa menyebutkan pasal dan klausul secara detail yang mengatur hal dimaksud,tetapi hanya mengutarakan tentang syarat dan kewenangan dalam proses pemekaran….

Sekali lagi apapun semangat kita….kita harus tetap berlandaskan pada SYARAT DAN PROSES yang telah ditentukan oleh regulasi terkait. Ada dua syarat pemekaran suatu daerah,adalah syarat DASAR dan syarat ADMINISTRATIF.

Kedua syarat ini merupakan dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan….ketika syarat dasar telah dipenuhi maka akan dilanjutkan syarat administratifnya.

Kedua hal inilah yg menjadi penting dalam perjuangan ini. Tetap kita utamakan dan manfaatkan segala potensi dan kekuatan serta kewenangan yg ada.

Lalu apa yg mnjadi tantangan kita dalam perjuangan ini ??? Ini adalah tantangan yang dimaksud antara lain ;
1 Blm adanya kesepahaman tentang pentingnya kepulauan Flores menjadi provinsi…..
2 Masih ada ego antara sesama kita yang dilatari belakangi posisi dan kedudukan

Tantangan-tantangan tersebut di atas adalah yang menjadi kewajiban kita untuk mengatasinya…kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi….


Kita harus bersama sama dan saling percaya untuk bisa menggunakan potensi yg ada pada kita….

Karena itu untuk memanfaatkan peluang serta mengatasi tantangan,beberapa langkah yg harus kita tempuh:
1 jemput aspirasi dan gencar sosialisasi….
2 Tingkatkan loby dan komunikasi dengan bupati dan dprd setempat(di masing2 kabupaten)
3 Loby dan komunikasi intensif dengan gubernur dan dprd propinsi,serta
4 Lobi dan komunikasi dengan anggota DPRRI Pusat dan pemerintah pusat…
Empat hal tersebut di atas merupakan syarat administrati.

Di tangan mereka inilah ide rencana dan kebutuhan kita bisa dijawab….
Ini mnjadi penting sehingga semua urusan dan harapan tercapai dengan tepat….

Ini beberapa pikiran,saran dan masukan buat kita semua….dan saya yakin p4kf Ende tetap bekerja sesuai tupoksi dan program yg telah dicanangkan.

Mari kita bersatu dan saling mendukung antara yg satu dgn yg lainnya….karena berjuang kepulauan Flores mnjadi propinsi adalah PERJUANGAN KITA BERSAMA…..Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lag.(Max)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed