oleh

TINGGALKAN KENANGAN DAN AIR MATA

Senin,05 April 2021

Oleh ; Marsel Ruben Payong.

Marsel Ruben Payong

Salah satu niat utama pulang kampung adalah berziarah ke makam orang tua, kakek, nenek, kakak, adik, saudara-saudari, dan para leluhur. Di tempat-tempat seperti ini saya selalu merasakan kedamaian, ketenangan batin, oase setelah lelah berjalan menapaki hari-hari hidup di rantau.

Makam sebelum di sapu bersih sama Banjir Bandang

Di depan pusara-pusara ini, saya seperti bisa berkeluh kesah dengan mereka seraya memohon restu dari mereka semua, dan saya merasakan peneguhan dan kekuatan baru untuk terus berlangkah.

Mereka semua sudah tiada, tapi sisa-sisa raga mereka yang sudah berwujud tulang belulang masih tersimpan di sini, di pusara-pusara ini. Itulah sebabnya, ketika mengunjungi mereka, rasanya seperti bertemu kembali dengan mereka, merasakan sapaan-sapaan dan bisikan-bisikan mereka.

Setelah di sapu bersih,makam semua hilang tanpa bekas

Namun, hari ini, Minggu (4/4/2021) semua pusara, tempat mereka semua beristirahat telah lenyap disapu banjir bandang yang melanda kampungku Leuwayang. Saya tidak bisa menahan kesedihan yang luar biasa…… dan menangis sejadi-jadinya seperti perasaan ditinggalkan oleh mereka semua, para leluhurku (Kaka, Subang, Reha, Tua), juga kakek dan nenekku (Peu dan Nona, Karim, Yusuf Laba, Mikael, Ledo dan Gelole, Mauritz, Demong), Bibi Hapsa, adik bungsu Edy, juga ponakan-ponakanku, Nona dan Oa….. juga semua kerabatku yang disemayamkan di sini.

Di mana lagi saya harus mengunjungi rumah-rumah peristirahatanmu dan meletakkan lilin-lilin, rokok dan sirih pinang lagi?
Dalam iman saya percaya bahwa jiwamu bersemayam dalam keabadian dan kamu semua selalu mendoakan kami dari sana…. Tapi saya tidak bisa menghilangkan kerinduan saya untuk mengunjungi rumah-rumah kecilmu, entah sampai kapanpun ….
Murka alam terlalu jahat……..
Maafkan kami semua…….
Jangan tinggalkan kami…….
Walau rumah-rumah kecilmu telah tiada…….
Tuhan….. ampunilah kami.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed