by

Vox Point Indonesia: Bom di Depan Katedral Makassar Ganggu Keutuhan NKRI

Minggu, 28 Maret 2021 | 13:03 WIB
Petugas kepolisian berjaga di lokasi dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katolik Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 28 Maret 2021.Petugas kepolisian berjaga di lokasi dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katolik Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 28 Maret 2021.

Kopiflor.id,Jakarta – Peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar mengganggu kerukunan antarumat beragama dan mengancam keutuhan NKRI. Peristiwa ini sangat mencederai hati nurani warga bangsa yang sedang dalam situasi bencana pandemi Covid-19. Apalagi umat Kristiani yang sedang merayakan Misa Minggu Palma.

Ormas Katolik Vox Populi Institute Indonesia (Vox Point Indonesia) menilai peristiwa ini mengganggu ketenangan umat Kristiani yang sedang merayakan Misa Minggu Palma. Untuk itu, Vox Point Indonesia mengecam keras pelaku tindakan keji yang terjadi Minggu (28/3/2021).

“Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia mengecam keras pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. Peristiwa ini sungguh memprihatinkan karena hari ini umat Kristiani sedang merayakan Minggu Palma. Tapi diwarnai dengan peristiwa keji yang tak berperikemanusiaan ini,” kata Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati, di Jakarta, Minggu (28/3/2021).

Handojo meminta aparat Polri dan TNI untuk segera bekerja menangkap jaringan pelaku. Tidak hanya itu, Handojo juga minta agar menangkap aktor intelektual di balik peristiwa ini.

“Kami juga minta kepada aparat Polri dan TNI agar segera menangkap aktor di balik peristiwa ini. Karena sangat mengganggu ketenangan umat Kristiani yang sedang menjalankan masa Paskah 2021,” ungkap Handojo.

Handojo berharap agar peristiwa ini tidak mengurangi rasa kemanusiaan, kerukunan antarumat beragama. Sebab, kata dia, peristiwa ini akan ditangani oleh pemerintah melalui pihak berwajib.

Untuk itu, Handojo meminta umat Kristiani agar tidak terprovokasi dengan peristiwa ini. Ia mengimbau agar tetap tenang namun tetap waspada.

“Kami minta kepada seluruh umat Kristiani agar tetap tenang menjalankan Misa Minggu Palma, dan persiapan memasuki pekan Paskah yang akan dirayakan dalam Minggu ini,” kata Handojo.

Handojo juga minta seluruh warga bangsa agar tetap waspada. Dia meminta jajaran pengurus Vox Point Indonesia di seluruh daerah agar tetap tenang dan tidak takut berlebihan. Tetap memantau lingkungan dan daerah masing-masing.

“Kepada seluruh pengurus dan anggota di dewan pimpinan daerah dan dewan pimpinan wilayah Vox Point Indonesia tetap menjaga situasi agar tetap tenang, aman dan damai. Sehingga kita tetap bisa menjalankan aktivitas masing-masing,” ujarnya.

Dia mengimbau agar seluruh komponen bangsa tetap solid, setia menjaga ketertiban dan keamanan nasional. Sehingga NKRI tetap utuh. “Mari kita tetap jaga keamanan nasional, membantu pemerintah agar NKRI tetap utuh,” pungkas Handojo.(Max)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed