by

Eksotiknya Pantai Mauwelu Keotengah Kabupaten Nagekeo, Mari…

Pantai Mauwelu Keotengah Nagekeo

Penulis : Yohanes Gabriel Meo.

Yohanes Gabriel Meo

Sebagai ekspresi keadaan alam yang secara kompleks merupakan keberadaan yang menitipkan banyak manfaat kemudian kita menggambarkan lebih sederhana dengan melihat itu sebagai konsekuensi untuk memberikan hal-hal fundamental yang mendasari aspek-aspek perubahan yang akan datang. Salah satu yang menjadi khas dari keberadaan garis pantai yang begitu luas, panjang serta kaya dipermukaan pantai kaya akan manfaat yang nantinya merupakan sumber utama untuk perubahan yang patut terinovasi dengan baik.

Adapun yang kita dengar betapa indah atau lebih keren dengan kata eksotisnya pantai Kuta di Bali dan raja Ampat Papua serta pantai-pantai lain yang ada di Indonesia atas kepesonaan yang ada.

Pemandangan sangat eksotik dengan Panorama alam yang masih Original

Akan tetapi dibalik keindahan itu yang sebenarnya bukan secara alamiah namun karena inovasi-inovasi atau cara kerja manusia yang selalu bermitra untuk menciptakan hal-hal baru yang sifatnya konstruksi. Yang saat ini dengan nawacita presiden jilid dua di bagian sektor pariwisata merupakan prioritas untuk bisa mengalokasikan untuk pariwisata demi kemajuan suatu daerah.

Jika diatas mengulas tentang keberadaan pantai yang memberi peluang untuk pariwisata demi kemajuan suatu daerah maka perlu ada keberpihakan pemerintah untuk bagaimana menyumbangkan atau berkontribusi dengan aliran-aliran dana yang cukup agar semua bisa tercapai, maka ada satu tempat (pantai di bagian selatan pulau Flores) yang saat ini tidak pernah kita dengar dan juga kita melihat dengan mata tentang keberadaan sebuah pantai yang masih alamiah namun sungguh mempesona atau eksotisnya masih bersifat alamiah tersebut, Pantai tersebut adalah Pantai Mauwelu.

Pantai Mauwelu berada di desa Keli, dusun tiga (03) kecamatan Keotengah, kabupaten Nagekeo.
Sebuah perkampungan kecil yang berada di perbatasan kecamatan Keo Tengah dan Kecamatan Mauponggo, kampung ini dilihat dari topografi aset jalan hanya bisa melewati dari kecamatan Mauponggo kalau ditinjau dari aspek pemerintahan berada di kecamatan Keo Tengah.

Ketika harus berurusan dangan administrasi baik desa maupun kecamatan harus menempuh perjalanan sekitar dua jam dengan berjalan kaki, menaiki beberapa pegunungan dan lembah serta terjangan ombak laut yang memacu adrenalin.

Sebuah pantai yang sempat menggegerkan di kabupaten Nagekeo karena salah satu keunikanya adalah warna pasir yang berwarna putih serta kejernihan air lautnya yang seolah-olah menghipnotis para pengunjung atau bagi siapa yang sengaja ataupun tidak sengaja melewati lokasi tersebut.

Karena keeksotisannya pantai ini, pemerintah yang konon katanya akan mencanangkan sebuah destinasi wisata yang berkelas Internasional ( Kuta Bali, dll).

Mengagumi adalah pilihan kata yang tepat yang sering keluar dari mulut pengunjung “amazing/wow/dll”. Disana pengunjung akan disugukan dengan berbagai makanan lokal yang mungkin anda tidak pernah menikmati sebelum-sebelumnya di pantai-pantai lain.

Keindahan Panoramanya diharapkan agar pemerintah daerah dapat mendorong pariwisata agar bisa mengunjungi tempat wisata yang tidak kalah saingan dengan beberapa destinasi wisata lainnya di indonesia.

Masyarakat mengharapkan agar secepatnya pemerintah melalui dinas pariwisata agar mempromosikan pantai Mauwelu yang berada di pantai selatan tersebut.

Jika anda hendak berkunjung ke sana anda juga akan disuguhkan dengan jalan raya yang seolah-olah berada di alam imajinasi tetapi sebenarnya anda berada dialam nyata karena hamparan panaroma alam yang hijau, dan juga anda akan melewati beberapa anak kampung namun sebelumnya kita melewati kelurahan Mauponggo (pertigaan kantor camat dari Boawae belok kiri) kemudian ke kampung Gilikoli ( desa Keliwatulewa, Kotagana ( Desa Kotagana) dan Bo’amau.

Masyarakat yang ada di Kampung Mauwelu ramah dan selalu menginginkan evoria atau kebahagiaan dalam kebersamaan (jiwa sosialnya tinggi) dan juga kaya akan budaya-budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Seratus persen dijamin keamanannya, sebab disana anda akan aman atau baik-baik saja tergantung cara dan tatakrama pengunjung. Jangan lupa basaodara semua itu adalah aset daerah, mari bersama-sama membangun daerah (Kabupaten Nagekeo). Karena kunjungan anda adalah harapan masarakat Mauwelu dan sekitarnya.

Kami sangat berharap agar para wisatawan bisa mampir ke pantai Mauwelu apabila datang ke Flores, saksikan panorama alam dan eksotiknya alam Ciptaan Tuhan yang masih Original.

Laut Biru, dan pasir di pantai yang putih bersih, kapan lagi kalau bukan sekarang dan siapa lagi yang mempromosikan keindahan alam semesta yang mempesona ini kalau bukan kita generasi Nagekeo.

Mari kami menantikan kedatangan bapak dan ibu para wisatawan ke pantai Mauwelu di Nagekeo

Penulis : Yohanes Gabriel Meo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed