by

Are Lolo’ Untuk Ekonomi Baru Petani

Jika dibandingkan dengan beras, sorgum diklaim memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Selain protein, kalsium, zat besi dan fosfor, sorgum juga mengandung vitamin B1 yang tinggi.

Sabtu,20 Maret 2021

Sorgum

Kopiflor.id,Ende – Wabah Covid-19 menyebabkan banyak sekali perubahan dalam kehidupan manusia seantero muka bumi. Tapi, tak sedikit yang memulai berbisnis di masa pandemi akibat kehilangan pekerjaan. Adapula juga sebagian orang yang justru bertahan dan nyaman akan usaha yang digeluti.

Misalnya, Yuning Wangge (44), perempuan asal Ende ini justru terus mengembangkan usahanya pada bidang pangan sejak tahun 2016. Adalah jenis tanaman pangan yang dalam bahasa Ende-Lio biasa disebut ‘Are Lolo’ atau lebih dikenal tamanan sorgum.

Dari berbagai literatur, sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai bahan pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai. Sorgum terkenal menjadi makanan penting di wilayah Asia Selatan dan Afrika.

Bagi orang Indonesia, beras masih menjadi dominan pangan. Seolah-olah tanpa nasi dalam setiap menu makanan dirasakan tidaklah lengkap. Padahal, Tanah Nusantara kaya akan makanan lokal yang salah satunya dikembangkan adalah sorgum

Jika dibandingkan dengan beras, sorgum diklaim memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Selain protein, kalsium, zat besi dan fosfor, sorgum juga mengandung vitamin B1 yang tinggi.(MX)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed