by

Perjuangan demi terwujud provinsi Kepulauan Flores

Rabu,17 Maret 2021

Kopiflor.id,Labuan Bajo – Safari yang dilakukan oleh ketua umum P4KF Thomas Tiba beberapa waktu yang lalu telah menuai banyak simpati dari berbagai elemen masyarakat yang menginginkan agar Flores sudah layak dan wajar untuk berdiri sendiri tanpa campur tangan pemprov NTT.

Diharapkan agar setelah Flores memiliki provinsi tersendiri dengan demikian predikat negatif yang di sandang oleh NTT yang kita pegang puluhan tahun ini bisa berkurang.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu petani Porang di Manggarai barat, Rabu, (17 Maret 2021).

Menurut penuturannya sudah 65 tahun sejak Provinsi NTT berada di Kota Karang Kupang, predikat negatif terhadap masyarakat NTT terus digaungkan bahkan predikat ini sudah mendarah daging sehingga siapapun pemimpinya agak susah keluar dari predikat buruk ini.

Harapan saya keluhnya semoga dengan kita berpisah dari provinsi NTT, kita bisa merubah paradigma tersebut menjadi minimal sama dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Dan harapan yang sama juga kepada provinsi NTT Juga keluar dari konteks negatif ini.

Lebih lanjut Nobertus mengungkapkan bahwa apa yang kita sandang sampai sekarang merupakan pola pikir yang harus di ubah bukan dibiarkan. Masa dari setiap keturunan tidak ada perubahan sama sekali, tapi kita sendiri jadi minder dengan kemajuan daerah lain di Indonesia.

Sekolah di daerah lain pada umumnya berlantai ubin dan beratapkan genteng, kita masih beralaskan tanah dan berdinding pelupu (Bambu yang di cincang) serta beratapkan seng.

Apa pemerintah hanya memikirkan kemajuan untuk wilayah Indonesia yang sudah maju, lalu daerah kita dibiarkan seperti ini, dan ini tidak adil namanya, kesalnya.

Saya yakin dan percaya suatu ketika apabila Tuhan mengizinkan Flores jadi Provinsi, kita pasti akan maju dengan demikian provinsi NTT otomatis pasti juga akan berkembang, karena bebannya semakin berkurang.

Di sisi lain Putera Flores asal Nagekeo yang kini bermukim di Australia Frans Mado, juga mengharapkan hal yang sama, dimana beliau mengungkapkan bahwa potensi SDA maupun SDM orang Flores sangat mumpuni untuk berdiri sendiri.

Kenapa kita tidak mau berubah, kita harus belajar dan berjuang demi terwujudnya cita cita luhur para pejuang terdahulu agar Flores memiliki provinsi sendiri.

Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan kalau kita memiliki provinsi sendiri, tegasnya dan provinsi NTT juga otomatis pasti akan maju pesat karena bebannya sudah berkurang.

Frans Mado mendukung upaya masyarakat Flores untuk bisa berdiri sendiri agar keluar dari berbagai predikat negatif yang di sandang selama ini.

Upaya safari yang dilakukan oleh bapak Thomas Tiba selaku ketua umum P4KF untuk menyatukan persepsi dari bupati bupati serta anggota dewan perwakilan Daerah(DPRD) yang menjadi cakupan wilayah kepulauan Flores sangatlah bagus dan tepat

Sehingga dalam safari keliling di 9 Kabupaten tersebut bisa menghasilkan kesepakatan teristimewa calon tunggal ibu kota provinsi kepulauan Flores.

Sehingga Kongres ke tiga yang sedianya dilaksanakan pada bulan Mei mendatang dapat terlaksana dengan baik dan kesepakatan ke 9 Pemda dapat terwujud, harapnya.(MX)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed