by

Jokowi Akan Bangun Kembali Hambalang untuk Sentra Atlet

Senin, 15 Maret, 2021 16: 05 Wib

Salah satu bangunan di kompleks olahraga Hambalang.

Kopiflor.id,Jakarta-Pemerintah berencana membangkitkan kembali proyek mega kompleks olahragaHambalang yang hingga kini terbengkalai.

Menpora Zainudin Amali usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin (15/3), menyatakan bangunan mangkrak di Hambalang, Kabupaten Bogor, akan digunakan menjadi tempat latihan bagi atlet-atlet andalan Indonesia.

“Kita sedang mempertimbangkan untuk melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet elite kita yang sudah siap bertanding,” kata Menpora usai Ratas dengan Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers, Senin (153).

Rencana mengoperasikan kompleks olahraga Hambalang disebut telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

Selain Hambalang, Zainudin juga menyatakan bakal membangun tempat pemusatan latihan terpadu di berbagai daerah yang akan membina atlet-atlet junior guna mendukung keberadaan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) yang kini sudah berdiri di Cibubur.

Pembangunan tersebut tidak lepas dari target pembinaan prestasi olahraga nasional. Pemerintah juga akan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan guna membahas Desain Olahraga Nasional.

“Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar. Sentra ini akan berisi anak-anak SMP, SMA,” kata Zainudin.

“Tentu ini rangkaian panjang sebab untuk sebuah prestasi, menurut para pakar minimal dibutuhkan waktu 10 tahun atau kira-kira 10 ribu jam untuk bisa menuju prestasi,” tambahnya.

Proyek Hambalang yang sudah dimulai 2010 kemudian dihentikan setahun kemudian setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dugaan korupsi dalam pembangunan.

Pembangunan megaproyek senilai lebih dari Rp2 triliun di masa Menpora Andi Alfian Mallarangeng juga melanggar izin mendirikan bangunan (IMB).

Sementara pada pertengahan tahun lalu Zainudin menyatakan sudah mendapat restu penggunaan lahan di Hambalang sebagailokasi pelatnas berbagai cabang olahraga. KPK juga sudah memberi lampu hijau untuk kelanjutan pembangunan proyek Hambalang.(MX)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed