by

Dualisme Kepemimpinan Parpol Jadi Kendala KPU Siapkan Pemilu 2024

Senin, 15 Maret, 2021 19: 17.Wib

ketua KPU Arif Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU Ilham (kiri).

Kopiflor.id,Jakarta-KPU mulai menyusun tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Sejauh ini, KPU sudah membuat simulasi Pemilu 2024 akan digelar antara Februari hingga Maret 2024. Sedangkan Pilkada akan digelar pada November.

“KPU sudah mencoba melakukan simulasi alternatif pemungutan suara yaitu tahapan Pemilu di Februari 2024 yaitu 14 Februari 2024. Ini alternatif, satu lagi di bulan Maret 2024 yaitu 6 Maret 2024. Pilkada disimulasikan 13 November 2024,” kata Plh Ketua KPU Ilham Saputra dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI, Senin (15/3).

Ilham kemudian mengungkapkan, beberapa kendala yang akan dihadapi oleh KPU selama tahapan Pemilu 2024. Menurutnya, masalah dualisme kepemimpinan partai politik bisa menghambat kinerja KPU.

“Kemudian kendala ada dualisme kepengurusan. Ada beberapa partai dualisme kepengurusan sehingga jadi kendala bagi kami untuk bekerja maksimal,” kata Ilham.

Sejauh ini, ada dua parpol memiliki dualisme kepengurusan yakni Partai Berkarya dan Partai Demokrat. Dualisme Partai Berkarya sedang berproses di pengadilan setelah PTUN memenangkan kubu Tommy Soeharto dari Muchdi Pr.

Sedangkan dalam Partai Demokrat ada kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan kubu Moeldoko hasil KLB Deli Serdang. Kubu Moeldoko dalam proses mengajukan SK ke Kemenkumham.

Ilham menyebut, masalah dualisme kepemimpinan akan mengganggu proses verifikasi faktual KPU terhadap dokumen dan data parpol. Sehingga ia berharap masalah dualisme kepemimpinan ini bisa selesai sebelum tahapan Pemilu berjalan.

“Syarat pencalonan presiden, DPR, DPRD, verifikasi dokumennya, verifikasi dukungan DPD dan data parpol tidak mutakhir,” tutur Ilham

Dalam proses verifikasi faktual, KPU akan berpegangan pada SK yang terdaftar atau yang terbaru di Kemenkumham. Dari sana, Kemenkumham akan mengirimkan data-data kepengurusan anggota parpol guna dilakukan verifikasi oleh KPU.

Jika tidak dilakukan penyesuaian, maka partai yang tidak lolos verifikasi terancam gagal ikut Pemilu 2024.(Mx)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed