by

Ada Rencana Impor Beras di Tengah Panen Raya, DPR Panggil Bulog dan Kementan

Senin, 15 Maret, 2021 13: 16 Wib

Pekerja Mengangkut Beras Impor dari Thailand

Kopiflor.id,Jakarta-Komisi IV DPR RI memanggil Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempertanyakan rencana impor beras 1 juta ton, Senin (15/3). Rencana impor beras ini muncul dalam paparan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto beberapa pekan lalu.

Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDIP, Sudin, meminta Kementan untuk menjelaskan impor beras 1 juta ton di tengah panen raya.

“Komisi IV ingin mendapat gambaran dari pemerintah secara detail dan sejujur-jujurnya. Hal lain yang menjadi perhatian adalah terkait rencana impor beras dari Bulog sebanyak 1 juta ton di tengah masa panen raya,” katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) virtual, Senin (15/3).

BPS mencatat, potensi produksi padi atau gabah kering giling (GKG) di Januari-April 2021 sebesar 25,37 juta ton. Angka ini meningkat 26,88 persen dari produksi di Januari-April 2020 yang sebenar 19,99 juta ton dan meningkat 6,70 persen dari produksi padi Januari-April 2019 yang sebesar 23,78 juta ton.

“Kalau 25 juta ton GKG rasanya stok nasional sudah cukup. Ini menimbulkan pertanyaan berapa sesungguhnya produksi padi nasional,” tambahnya.

Selain Kementan, Komisi IV juga memanggil Bulog untuk menjelaskan peran jika memang impor beras terealisasi. Ia juga meminta penjelasan mengenai penyerapan beras petani pada periode panen awal tahun Maret-Juni 2021.

“Ya kalau Bulog suruh beli beli-beli nanti taruhnya (stok beras) di pinggir jalan, penyimpan enggak bagus bulukan setelah itu yang kena Bulog lagi. Oleh karena itu perlu pembahasan,” jelasnya.(Mx)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed