by

Jokowi Minta Kampus Tiru Cara Kerja Startup

Jumat, 12 Maret, 2021 18: 19 Wib

Presiden Joko Widodo

Kopiflor.id,Jakarta-Presiden Jokowi meminta cara kerja di kampus harus menyesuaikan perkembangan yang terjadi saat ini. Ia mengungkapkan salah satu yang tidak bisa dihindari adalah digitalisasi.

Jokowi menganggap cara kerja melalui digitalisasi sudah diterapkan sejak awal di perusahaan rintisan atau startup. Untuk itu, kampus harus bisa menyesuaikannya.

“Digitalisasi yang dulu sulit diperkenalkan sekarang semua institusi, semua harus melakukannya. Ukuran kinerja pun harus diubah. Cara-cara penganggaran harus diubah, program-program kerja baru harus diperkenalkan,” kata Jokowi saat pidato secara virtual di dies natalis ke-45 Universitas Sebelas Maret, Jumat (12/3).

“Bagi para pelaku startup cara-cara baru itu sudah menjadi landasan kerja mereka sejak awal. Tetapi bagi institusi yang sudah berusia 45 tahun saya tahu seringkali tidak mudah untuk memperkenalkan cara-cara baru,” tambahnya.

Jokowi merasa kalau kampus tidak menerapkan cara-cara baru bisa saja malah tertinggal oleh perkembangan zaman yang berubah dengan cepat. Menurutnya diperlukan inovasi untuk menghadapi tantangan perubahan zaman.

“Dalam dunia yang cepat berubah saat ini. Kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci untuk memenangkan kompetisi,” ujar Jokowi.

Jokowi merasa pandemi COVID-19 telah mengajarkan untuk mendobrak cara-cara lama. Sehingga, ia menegaskan semua kinerja harus ditingkatkan.

“Kita tidak boleh terjebak dengan cara biasa-biasa saja, kita tidak boleh disandera oleh rutinitas yang biasa-biasa saja, cara baru harus terus dikembangkan,” tutur Jokowi.(Mx)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed